Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

RPP IPS KELAS VII SEMESTER GENAP

RPP IPS KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP 9)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial - Geografi

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.1. Menggunakan peta, atlas dan globe untuk menConfidential Page 1 2/12/2010

Dapatkan informasi keruangan

Indikator : - Membedakan peta, atlas dan globe

- Mengidentifikasi jenis, bentuk dan pemanfaat-

an peta

- Mengidentifikasi informasi geografis dari peta

Atlas dan globe

Alokasi Waktu : 8 x 40 Menit ( 4 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1. Menguraikan pengertian peta

2. Menjelaskan syarat-syarat pembuatan peta

3. Menjelaskan jenis-jenis peta

4. Melatih pembuatan peta berdasarkan syarat-syaratnya

5. Menjelaskan manfaat peta

6. Menjelaskan pengertian Atlas

7. Menjelaskan jenis-jenis atlas

8. Menjelaskan syarat-syarat pembuatan atlas

9. Menjelaskan penggunaan atlas

10. Menguraikan pengertian globe

11. Menjelaskan syarat-syarat pembuatan globe

12. Menjelaskan manfaat penggunaan globe

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Pengertian peta, atlas dan globe

2. Jenis-jenis peta dan bentuk-bentuk peta

3. Syarat-syarat pembuatan peta.

4. Pemanfaatan peta

5. Pengertian atlas

6. Jenis atlas

7. Penggunaan atlas

8. Pengertian globe

9. Jenis globe

10. Mengidentifikasi informasi geografis pada atlas

11. Mengidentifikasi informasi geografis pada globe

C. METODE PENGAJARAN

a. Ceramah

b. Diskusi

c. Tanya jawab

d. Observasi/pengamatan

e. Tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan I

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Tahukah kamu denah kelasmu ?

- Coba gambarkan denah kelasmu ?

3. Apersepsi

- Pengamatan peta

b. Kegiatan Inti

1. Siswa diberi tugas menyimak materi .

2. Guru menjelaskan secara singkat dan skematis pokok-pokok materi pelajaran yang didukung dengan tampilan peta.

3. Siswa diberi pertanyaan seputar pengertian peta, jenis, bentuk, syarat-syarat peta dan pemanfaatan peta.

4. Guru menugaskan siswa mengamati peta dan mencatat unsur apa saja yang terdapat dalam peta.

c. Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran mengenai peta

2. Siswa menjawab pertanyaan postes sebagai tes hasil belajar.

3. Memberikan tugas pekerjan rumah ( PR ) membuat Peta desanya

Pertemuan II

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Apa yang dimaksud dengan peta ?

- Samakah antara peta dengan atlas ?

3. Apersepsi

- Pengamatan atlas

b. Kegiatan Inti

1. Siswa diberi tugas menyimak materi .

2. Guru menjelaskan secara singkat tentang atlas sambil memperlihatkan

Perbandingan atlas umum, atlas khusus, atlas semesta dan peta umum

3. Siswa disuruh membuat perbandingan tentang unsur-unsur yang ada

Pada peta dengan atlas. Kemudian beberapa siswa menyampaikan

Hasilnya dan siswa yang lain membandingkan

4. Guru mengadakan Tanya jawab tentang cara mencari suatu objek

Lokasi dipermukaaqn bumi dengan menggunakan daftar indeks.

c. Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran

2. Diberi tugas individu untuk mempraktekan cara menemukan letak kota

Bonjol, PAmekasan dan Malang dengan menggunakan daftar indeks.

Pertemuan III

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Dengan menggunakan indeks tahukah kamu letaknya kota Jakarta ?

- Bagaimana bentuknya globe ?

3. Apersepsi

- Pengamatan Globe

b. Kegiatan Inti

1. Siswa diberi tugas menyimak materi mengenai pengertian dan peng-

gunaan globe

2. Guru memberikan penjelasan tentang materi globe yang didukung

Dengan penampilan bentuk globe dan penayangan gambar kedudukan

Globe terhadap bidang ekliptika.

3. Salah seorang siswa ditugaskan meperagakan gerak rotasi bumi,

4. Guru mengadakan Tanya jawab tentang cara mencari suatu objek

Lokasi dipermukaan bumi dengan menggunakan daftar indeks.

c. Penutup

4. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran

2. Diberi tugas individu untuk mempraktekan cara menemukan letak kota

Bonjol, PAmekasan dan Malang dengan menggunakan daftar indeks.

Pertemuan IV

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Guru memasang peta dan globe di depan kelas

3. Apersepsi

- Tahukah kamu garis khatulistiwa ?

b. Kegiatan Inti

1. Guru menayangkan peta dunia, globe dan atlas dan kemudian menekan

Kan kembali tentang fungsi dan penggunaan daftar isi, indeks pada atlas serta penjelasan secara singkat tentang garis lintang dan bujur, serta fungsinya kemudian menunjukan pada peta, atlas dan globe

2. Guru menyuruh mencari kota Grennwich dan Pontianak pada peta, atlas atau globe, siswa disuruh membuat kesimpulan pada garis bujur dan lintang berapa kota tersebut.

3. Guru menjelaskan secara singkat tentang pengertian skala peta dan

perhitungan cara mengubah skala peta.

4. Dengan mengunakan 2 contoh gambar peta Kalimantan ukuran besar dan kecil pada kertas bergaris guru mempertegas penjelasan mengenai langkah memperbesar dan memperkecil peta.

c. Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran

2. Diberi tugas individu untuk memperbesar peta Sulawesi menjadi 2 kalinya.

E.SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

f. Buku yang relevan

g. Peta Indonesia

h. OHP

i. Kertas Folio / HVS

j. Atlas

k. LKS

F. PENILAIAN

1. Teknik Penilaian

a. Tes tulis

b. Tes Unjuk Kerja

c. Penugasan

d. Observasi

e. Demontrasi

2. Bentuk Instrumen

a. Tes Lisan

b. Tes Identifikasi

c. Uji petik kerja produk

3. Instrumen

A. Tes Lisan

1. Jelaskan pengertian peta ?

2. Sebutkan unsure-unsur dalam pembuatan peta ?

3. Sebutkan manfaat peta ?

4. Jelaskan pengertian Atlas ?

5. Sebutkan jenis-jenis atlas ?

6. Jelaskan pengertian globe ?

7. Sebutkan manfaat globe ?

8. Apa yang dimaksud Indeks peta ?

9. Apa yang dimaksud dengan skala peta ?

10. Jelaskan perbedaan garis lintang dan garis bujur ?

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP 10)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambar

Kan obyek geografi

Indikator : - Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi

- Menentukan skala peta .

- Menentukan symbol-simbol geografi pada peta

Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1. Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi

2. Menentukan skala peta

3. Menentukan symbol-simbol geografi pada peta.

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi

2. Menentukan skala peta

3. Menentukan symbol-simbol geografi pada peta.

E. METODE PENGAJARAN

a. Ceramah bervariasi

b. Diskusi kelompok

c. Tanya jawab

d. Observasi/pengamatan

e. Tugas

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan I

a. Pendahuluan

a. Apersepsi : Guru menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilakukan

b. Motivasi : Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran yang meliputi

proses dan produk

a. Kegiatan Inti

- Siswa dibagi dalam kelompok

- Guru membimbing tiap kelompok mendiskusikan secara klasikal

- Guru membimbing tiap kelompok mendiskusikan tugas

- Siswa keluar kelas untuk mengukur salah satu tempat disekolah untuk menentukan skala sketsa yang dibuat.

- Tiap kelompok membuat sketsa sekolah sesuai skala

b. Penutup

- Guru memberi repleksi tentang tugas membuat sketsa wilayah

- Meminta peserta melanjutkan tugasnya di rumah.

Pertemuan II

a. Pendahuluan

a. Apersepsi : Guru menjelaskan kembali tugas minggu lalu

b. Motivasi : Meminta siswa kembali berkelompok dan melihat hasil kerja siswa

c. Kegiatan Inti

- Guru membimbing siswa untuk menentukan symbol-simbol obyek yang ada di lingkungan sekolah

- Siswa menempatkan symbol-simbol tersebut pada sketsa yang telah dibuat

- Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok yang diwakili 2 siswa dan dipilih secara acak, kelompok lain memberi tanggapan.

d. Penutup

- Guru memberi memberi kesimpulan tugas siswa.

- Menutup pelajaran.

  1. SUMBER BELAJAR

a. Buku yang relevan

b. Kertas bergaris / HVS

c. OHP

d. LCD

e. Surat Kabar

f. Lembar Penilaian

  1. PENILAIAN

1. Teknik Penilaian

a. Tes tulis

b. Tes Unjuk Kerja

c. Penugasan

d. Observasi

e. Demontrasi

2. Bentuk Instrumen

a. Daftar pertanyaan

b. Tes Isian singkat

c. Tes Uraian

d. Pekerjaan Rumah / PR

e. Lembar Observasi

3. Instrumen

A. Tes Tulis

1. Apa yang dimaksud proses social disosiatif ?

2. Berikan contoh proses social disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalmu ?

B. Tes Unjuk Kerja

- Melakukan pengamatan proses social disosiatif yang terjadi di masyarakat.

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP 11)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.3. Mendiskripsikan kondisi geografis dan

Penduduk.

Indikator : - Mendiskripsikan kondisi geografis suatu

wilayah pada peta.

- Mendiskripsikan kondisi penduduk suatu

wilayah .

- Menganalisa kaitan antara kondisi geografis

dengan keadaan penduduk.

Alokasi Waktu : 8 x 40 Menit ( 2 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1. Mendiskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta P. Jawa

2. Mendiskripsikan kondisi penduduk di daerah tempat tinggal siswa ( missal :

daerah pantai, dataran rendah, daerah pegunungan)

3. Mengamati keadaan kepadatan penduduk di daerah tempat tinggal siswa.

B. MATERI AJAR

1. Mendiskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta

2. Deskripsi kondisi penduduk suatu wilayah

3. Kaitan antara keadaan geografis dengan keadaan penduduk.

C. METODE PENGAJARAN

a. Ceramah

b. Diskusi

c. Tanya jawab

d. Observasi/pengamatan

e. Tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan I

Materi : - Kondisi geografis suatu wilayah pada peta P. Jawa

- Keadaan penduduk suatu wilayah pada peta P. Jawa

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Siapa yang sudah pernah pergi ke Jawa Tengah ?

- Bagaimana keadaan penduduk di daerah sekitar tempat tinggalmu ?

3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat )

- Pengamatan peta pulau jawa pada atlas

- contoh-contoh kegiatan penduduk di daerah pegunungan ?

b. Kegiatan Inti

1. Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.

2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :

1. Kondisi geografis suatu wilayah pada peta P. Jawa di atlas.

2. Keadaan penduduk suatu wilayah pada peta P. Jawa

3. Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.

4. Melakukan penilaian dan hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.

c. Penutup

1.

Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi

1. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi

2. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan diatas.

3. Memberikan tugas individual mengembangkan kegiatan pengamatan

agar siswa mengetahui keadaan penduduk disekitar tempat tinggal.

Pertemuan II

Materi : Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk

Suatu wilayah

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :

- Apakah kamu senang dengan kegiatan pengamatan di masyarakat ?

- Kendala apa yang kamu temui ketika melakukan pengamatan di

daerahmu ?

- Apakah kesan yang paling menarik ketika melakukan pengamatan ?

3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat )

- Dengan pengamatan dapat memotivasi siswa untuk belajar langsung

dari masyarakat sekitar.

- Hasil pengamatan dapat menambah keyakinan tentang kebenaran

ilmu yang dipelajari siswa.

b. Kegiatan Inti

1. Mempresentasi hasil pekerjaan rumah dengan mengamati keadaan kepadatan penduduk di daerah sekitar tempat tinggal siswa.

2. Guru membagi kelompok 5 orang siswa, dengan tugas membahas kaitan antara kepadatan penduduk di daerah sekitar ( pantai, dataran rendah, pegunungan ) kemudian mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan.

3. Mengamati gambar dan bertanya jawab tentang keadaan kepadatan penduduk di daerah sekitar pegunungan..

4. Tugas rumah untuk melakukan observasi pada keadaan penduduk di daerah tempat tinggal masing-masing siswa dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

c. Penutup

1. Memberi penguatan dari hasil Tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

2. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

3. Memberikan tes

4. Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada keadaan kepadatan penduduk di daerah tempat tinggal siswa masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

E.SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

f. Buku yang relevan

g. Peta Indonesia

h. OHP

i. Kertas Folio / HVS

j. Atlas

k. LKS

F. PENILAIAN

1. Teknik Penilaian

a. Tes tulis

b. Tes Unjuk Kerja

c. Penugasan

d. Observasi

e. Demontrasi

4. Bentuk Instrumen

a. Tes Lisan

b. Tes Identifikasi

c. Uji petik kerja produk

5. Instrumen

A. Tes Lisan

1. Perhatikan peta pulau Jawa , jelaskan relief Jawa Timur ?

2. Apa saja yang bias kamu ceritakan dari hasil pengamatan peta ?

3. Jelaskan relief pulau Jawa di bagian timur ?

4. Bagaimana kondisi geografis wilayah Jawa Timur ?

B. Tes Identifikasi

- Carilah letak kota Malang pada atlas dengan mengamati bentuk relief.

- Amatilah keadaan penduduk pada kondisi geografis tertentu missal : daerah pantai, dataran rendah, pegunungan.

C. Tes Uji Petik Kerja Produk

- Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu !

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP 12)

Sekolah : SMP NEGERI 1 PANCENG

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.4. Mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi

di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya

terhadap kehidupan

Indikator : 1 Mendiskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer

2 Mendiskripsikan cuaca dan iklim

3 Mengidentifikasi tipe hujan ( orografis,

zenithal, frontal )

4. Menghitung suhu suatu daerah berdasar ketinggian diatas permukaan air laut .

5. Menganalisis proses terjadinya angin dan memberi contoh-contohnya

6. Mendiskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.

7. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya

8. Mendiskripsikan zona laut menurut letaknya.

9. Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial dan ZEE dan menunjukkan pada peta.

Alokasi Waktu : 8 x 40 Menit ( 2 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1. Mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi di Atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

B. MATERI PEMBELAJARAN

1. Sifat fisik atmosfer

2. Unsur-unsur cuaca dan iklim

3. Tipe-tipe hujan

4. Faktor yang mempengaruhi suhu udara

5. Proses terjadinya angina dan jenis dan jenis-jenis angina

6. Siklus hidrologi

7. Jenis-jenis air permukaan dan air tanah

8. Zona laut menurut letak dan kedalamannya.

9. Batas wilayah laut.

E. METODE PENGAJARAN

a. Ceramah

b. Diskusi

c. Tanya jawab

d. Observasi/pengamatan

e. Tugas

F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan I

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Apersepsi

- Guru bertanya susunan atmosfer !

3. Memotivasi.

- Siswa diajak keluar kelas untuk melakukan observasi

b. Kegiatan Inti

1. Siswa dibagi dalam 6 kelompok ( masing-masing 7 siswa )

2. Guru membagi lembar observasi tentang atmosfer kemudian siswa ke halaman sekolah.

3. Siswa menuliskan jawaban hasil dari observasi tersebut.

4. Setelah 30 menit siswa masuk kelas kembali

5. Masing-masing kelompok menjelaskan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain bertanya.

6. Setelah selesai guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

c. Penutup

1. Penilaian

2. Repleksi : Siswa menyimpulkan hasil observasi.

Pertemuan II

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Apersepsi

- Guru bertanya pengertian cuaca dan iklim

3. Memotivasi.

- Siswa diajak keluar kelas untuk pengamatan cuaca

b. Kegiatan Inti

1. Siswa dibagi dalam 6 kelompok ( masing-masing 7 siswa )

2. Guru membagi lembar observasi tentang cuaca dan iklim kemudian siswa ke halaman sekolah.

3. Siswa menuliskan jawaban hasil dari observasi tersebut.

4. Setelah 30 menit siswa masuk kelas kembali

5. Masing-masing kelompok menjelaskan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain bertanya.

6. Setelah selesai guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

c. Penutup

1. Penilaian

2. Repleksi : Siswa menyimpulkan hasil observasi.

Pertemuan III

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Apersepsi

- Guru bertanya jelaskan pengertian siklus hidrologi ?

3. Memotivasi.

- Siswa diajak membaca materi siklus hidrologi

b. Kegiatan Inti

1. Siswa dibagi dalam 4 kelompok

2. Masing-masing kelompok menyiapkan alat untuk praktek percobaan tentang siklus hidrologi.

3. Guru menjelaskan langkah-langkah percobaan yang diikuti oleh siswa/kelompok.

4. Siswa mengamati hasil percobaan dan menuliskan pada buku/lembar kerja.

5. Setelah 40 menit kelompok menjelaskan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.

6. Setelah selesai guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

c. Penutup

1. Penilaian

2. Repleksi : Siswa menyimpulkan hasil percobaan

Pertemuan IV

a. Pendahuluan

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas

2. Apersepsi

3. Motivasi.

- Guru membawa gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air, siswa mengamati.

b. Kegiatan Inti

1. Tanya jawab tentang jenis-jenis air permukaan

2. Dengan mengamati gambar, siswa dan guru Tanya jawab tentang zona laut menurut kedalamannya.

3. Dengan mengamati peta , siswa dan guru Tanya jawab tentang zona laut menurut letaknya.

4. Guru meminta siswa untuk menunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul dan dangkalan sunda.

5. Siswa mengamati peta Indonesia tentang bats wilayah laut.

c. Penutup

1. Penilaian

  1. SUMBER BELAJAR

a. Buku yang relevan

b. Kertas bergaris / HVS

c. OHP

d. LCD

e. Surat Kabar

f. Lembar Penilaian

  1. PENILAIAN

1. Teknik Penilaian

a. Tes tulis

b. Tes Unjuk Kerja

c. Penugasan

d. Observasi

e. Demontrasi

2. Bentuk Instrumen

a. Tes Identifikasi

b. Uji petik kerja produk

c. Karya

d. Daftar pertanyaan

e. Lembar Observasi

Panceng,, 26 Januari 2006

Mengetahui.,

Kepala Dinas P dan K Guru Mata Pelajaran

Drs. CHUSAINI MUSTAS, M.Pd. Drs. H. IMRON, M.Pd.

NIP : 131636862 NIP : 131847230

Lakukan observasi tentang atmosfer ke luar kelas

LEMBAR OBSERVASI

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Aspek Penilaian : Penerapan

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.4. Mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi

di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya

terhadap kehidupan

Waktu : 30 menit

No

Pertanyaan

Jawaban

Skor

1

2

3

4

5

Kalian berada pada lapisan atmosfer apa ?

Mengapa demikian ?

Pandanglah jauh keatas, apa yang bisa kalian lihat dan jangkauan jarak termasuk lapisan atmosfer apa ?

Kondisi udara di kota Malang sekarang jauh lebih panas dibanding dahulu, apa yang terjadi ?

Apa yang dapat dilakukan agar suhu udara tersebut tidak terus semakin panas ?

Jika kalian membunyikan radio, TV, itu berarti menggunakan manfaat lapisan atmosfer apa ?

1.

2.

3.

4.

5.

1.

2.

3.

4.

5.

Rentangan Skor :

1. Sangat tepat : 91 -100

2. Tepat : 75 – 90

3. Cukup : 66 -74

4. Kurang tepat : 41 - 65

5. Tidak tepat : 20 – 40

6. Tidak hadir : 0

Skor

Nilai =

6

Lakukan observasi tentang cuaca dan iklim ke halaman kelas

LEMBAR OBSERVASI

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : VII ( Tujuh )

Semester : 2 ( Dua )

Aspek Penilaian : Penerapan

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali

Perkembangan lingkungannya.

Kompetendi Dasar : 4.4. Mendiskripsikan gejala-gejala yang terjadi

di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya

terhadap kehidupan

Waktu : 30 menit

No

Pertanyaan

Jawaban

Skor

6

7

8

9

10

11

Bagaimana kondisi cuaca saat ini ?

Beri alasan ?

Kemana arah angina dan berapa kecepatan angin per menit ?

Awan saat ini berbentuk apa ?

Hujan yang terjadi saat ini merupakan pengaruh iklim apa ?

Yang disebabkan oleh angina apa ?

Berdasar iklim fisis, kotamu memiliki iklim apa ?

Bagaiman cirri-cirinya ?

Kelembaban udara ditempat kalian tergolong ………………, buktinya apa ?

6.

7.

8.

9.

10.

11.

6.

7.

8.

9.

10.

11

Rentangan Skor :

1. Sangat tepat : 91 -100

2. Tepat : 75 – 90

3. Cukup : 66 -74

4. Kurang tepat : 41 - 65

5. Tidak tepat : 20 – 40

6. Tidak hadir : 0

Skor

Nilai =

6

Panceng, 26 Januari 2006

Mengetahui.,

Kepala Dinas P dan K Guru Mata Pelajaran

Drs. CHUSAINI MUSTAS, M.Pd. Drs. H. IMRON, M.Pd.

NIP : 131636862 NIP : 131847230

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

Kompetensi Dasar

:

5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia ,serta peninggalan-peninggalannya.

Indikator

:

· Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia

· Mewndiskripsikan saluran-saluran islamisasi di Indonesia

· Mendiskrepsikan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di indonesia

· Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

· Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

· Mengidentifikasi dan memberikan contoh peninggalan sejarah yang bercorak Islam

Alokasi

:

8 x 40 Menit (2xpertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia :dari tanah Arab berkembang ke Persia dan India (Gujarat)kemudian disebarkan ke Indonesia

2. Menguraikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia :perdagangan, perkawinan, dakwah para Wali/ ulama dan pesantren

3. Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga /ulama lainnya dalam menyebarkan Islam ( pesantren, seni budaya, berdakwah )

4. Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (India, Selat Malaka ,Laut Jawa )

5. Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia : Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten ,Makasar , Pajang ,Mataram dan Banjar

6. Memberikan contoh peninggalan–peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah ( makam, masjid, kraton, kitab sastra dan kaligrafi

B. Materi Pembelajaran

1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia

2. Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia.

3. Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah Indonesia.

4. Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia.

5. Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia.

6. Contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah Indonesia.

C. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas



D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (4 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia.

Motivasi : ditampilkan gambar ulama atau gambar peninggalan sejarah Islam dan siswa memberikan tanggapannya.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya Islam didi Indonesia

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas saluran-saluran Islamisasi di Indonesia, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab cara-cara yang dilakukan oleh para wali / ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah Indonesia.

d. Memberikan tugas rumah untuk membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia.

Pertemuan Kedua : (4 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : berdialog tentang daerah – daerah di Indonesia yang penduduknya banyak menganut Islam di kaitkan dengan tugas rumah membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia

Motivasi : di tampilkan gambar –gambar peninggalan sejarah bercorak Islam dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

2. Kegiatan inti

a. Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah dengan menunjukkan jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia dan siswa lain menanggapi.

b. Guru membagi kelompok-kelompok maksimum lima orang siswa dengan tugas membahas perkembangan kerajaan Islam di Indonesia setiap kelompok satu kerajaan kemudian mempresentaskan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Mengamati gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah.

d. Tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

3. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

d. Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

E. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

F. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

3. Observasi (terlampir).

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

PENILAIAN

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan agama Islam dapat cepat berkembang di Indonesia padahal pengaruh agama Hindu dan Buddha sudah lebih dulu masuk ke Indonesia!

2. Jelaskan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia!

3. Jelaskan peranan Kerajaan Demak dalam bidang agama ,politik dan ekonomi!

4. Sebutkan peninggalan–peninggalan sejarah bercorak Islam di Banten, Samodera Pasai dan Yogyakarta!

5. Jelaskan cara-cara yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan agama Islam!

II. Tugas rumah membuat peta sejarah jalur masuk dan daerah penyebaran Islam di Indonesia.

Perintah tugas : Buatlah peta dengan bentuk dan skala yang benar tentang jalur masuk dan daerah penyebaran Islam di Indonesia dan daerah serta berilah warna dan tanda yang jelas

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai Skor Maksimum

1. Kebenaran bentuk dan skala peta. 3

2. Pewarnaan yang baik. 3

3. Kebenaran memberi tanda jalur penyebaran Islam. 4

4. Kebenaran memberi tanda daerah-daerah penyebaran Islam. 4

5. Ketepatan waktu dalam penyerahan tugas. 3

6. Kemampuan dalam mempresentasikan. 3

Jumlah Skor Maksimum 20 20

Nilai = Skor Perolehan : 2

III. Tugas Observasi :

Mengamati dan membuat laporan pada situs sejarah di daerahnya.

Lembar Penilaian :

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai Skor maksimum

1. Pemilihan obyek secara benar. 3

2. Prosedur dan data observasi lengkap. 4

3. Penulisan laporan ditulis / diketik rapih. 3

4. Sistematika laporan benar. 3

5. Kebenaran materi bisa dipertanggungjawabkan. 4

6. Melampiran kelengkapan laporan berupa foto/gambar dan denah 3

Jumlah skor maksimum 20

Nilai = Skor perolehan : 2

*****

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

:

SMP N 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

Kompetensi Dasar

:

5.3. Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa.

Indikator

:

· Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia

· Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera

· Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa

· Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa

Alokasi

:

6 x 40 Menit (3 x pertemuan )

G. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia

2. Mengidentifikasi cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera

3. Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa

4. Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa

H. Materi Pembelajaran

1. Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia

2. Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera

3. Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap Portugis, Spanyol dan VOC

4. Mendeskripsikanperkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa

I. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas

J. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

3. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu tentang kerajaan Islam di Indonesis , dihubungkan dengan situasi perdagangan yang melibatkan bangsa Eropa..

Motivasi : ditampilkan gambar tokoh VOC, Pahlawan Nasional, dan siswa memberikan tanggapannya.

4. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya pengaruh Eropa di Indonesia, terutama Portugis, Spanyol dan Belanda.

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas tentang cara-cara yang digunakan oleh bangsa Eropa dalam menanamkan pengaruhnya di Indonesia, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab tentang reaksi bangsa Indonesia di berbagai wilayah menanggapi kedatangan bangsa Eropa..

d. Memberikan tugas rumah untuk membuat rangkuman perlawanan rakyat Indonesia terhadap bangsa Asing (Guru memilihkan materi untuk dirangkum).

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : berdialog tentang tugas yang diberikan pada minggu lalu, siswa mengelompok berdasarkan kelompok tugas.

Motivasi : di tampilkan tokoh VOC, Pahlawan Nasional, dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

2. Kegiatan inti

e. Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah dengan membacakan hasil rangkuman dan siswa lain menanggapi.

f. Mengamati gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan-peninggalan sejarah dan keadaan masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

g. Tugas rumah untuk melakukan menjawab pertanyaan dari berbagai sumber pustaka dan dikumpulkan di minggu berikutnya. (Guru menyiapkan daftar pertanyaan sesuai sumber bahan yang dimiliki oleh siswa)

Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

3. Kegiatan pendahuluan

Apersepsi : berdialog tentang tugas yang diberikan pada minggu lalu, siswa mengelompok berdasarkan kelompok tugas.

Motivasi : di tampilkan tokoh VOC, Pahlawan Nasional, dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

4. Kegiatan inti

a. Mempresentasikan hasil pekerjaan rumah dengan membacakan hasil jawaban siswa dan siswa lain menanggapi.

b. Tanya Jawab tentang keadaaan masyarakat, kebudayaan, serta pemerintahan di Indonesia pada masa kolonial.

4. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

K. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

L. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

PENILAIAN

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia

2. Bagaimanakah cara- cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya penjelajahan samudera? Jelaskan !

3. Jelaskan reaksi rakyat Makasar terhadap bangsa Eropa di daerahnya !

4. Jelaskan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa

II. Tugas rumah membuat rangkuman

*****

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN

( RPP 1 )

Sekolah

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 2

Standar Kompetensi

:

6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.

Kompetensi Dasar

:

6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Indikator

:

· Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).

· Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

· Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).

· Mendiskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

· Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.

.

Alokasi Waktu

:

10 Jam pelajaran (5 x pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

1. Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).

2. Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

3. Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).

4. Mendiskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

5. Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.

.

A. Materi Pembelajaran

1. Mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).

2. Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

3. Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).

4. Persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

5. Bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.

.

B. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi

2. Diskusi

3. Inquiri

4. Tanya jawab



C. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

5. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Kegiatan perekonomian di lingkungannnya yang memiliki berbagai profesi dan pekerjaan (mata pencaharian)..

6. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Mater 1 dan 2.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 1 dan 2.

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Kesempatan Kerja semakin dan Pengangguran yang semakin tinggi.

2. Kegiatan inti

1. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan pokok materi ke 3 dan 4.

2. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 3 dan 4.

3. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

4. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Ketanaga kerjaan di Indonesia.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Pokok Materi ke 5.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 5.

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

5. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes



Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

3. Observasi (terlampir).

PENILAIAN

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan jenis mata pencaharian penduduk yang berbasis pada pertanian, non pertanian.

2. Jelaskan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

3. Jelaskan pola permukiman penduduk yang mengikuti alur sungai, jalan, pantai.

4. Diskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan Ungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

5. Jelaskan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.

.

Tugas Lembar Kerja

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai

1. Kelengkapan Jawaban

2. Kerapian Lembar Kerja

3. Kebenaran Jawaban

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : VII / 2

Standar kompetensi : 6. Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat.

Kompetensi Dasar : 6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi

kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa

Indikator :

Ø Mendifinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi

Ø Mendifinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan dan bulanan)

Ø Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa

Ø Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang

Ø Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang

Ø Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi

Ø Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi

Ø Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis

Ø Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang-bidang industri dan pertanian) baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi

Ø Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi

Ø Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)

Ø Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan

Ø Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha

Alokasi Waktu : 8 JP (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Mengdentifikasi pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
  2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis-jenis barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan dan bulanan)
  3. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
  4. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang
  5. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang

6. Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi

7. Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi

8. Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis

9. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang-bidang industri dan pertanian) baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi

10. Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi

11. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)

12. Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan

13. Mendefinisikan pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha

B. Materi Pembelajaran :

1 Kegiatan pokok ekonomi

2 Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan dan bulanan)

3 Skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa

4 Aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang

5 Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang

6 Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi

7 Macam-macam sumber daya ekonomi

8 Etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis

9 Usaha-usaha untuk meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang industri dan pertanian)

10 Pengertian dan tujuan distribusi

11 Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)

  1. Etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan
  2. Pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha

C. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah bervariasi 4. Inquiri
  2. Tanya jawab 5. Pengamatan
  3. Diskusi 6. Penugasan

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan I :

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Menanyakan keadaan siswa dan apakah mereka sudah siap mengikuti

pelajaran ?

2. Motivasi : Diajukan pertanyaan :

- Apakah yang dinikmati oleh siswa (menerima pengetahuan hari ini)

termasuk contoh kegiatan ekonomi ?

b. Kegiatan Inti :

1. Diskusi kelas tentang :

- Pengertian dari macam-macam kegiatan ekonomi

- Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan dan bulanan)

- Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang

- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang

- Presentasi hasil diskusi per kelompok dan kelompok lain menanggapi

- Melakukan penilaian pelaksanaan diskusi dan presentasi

- Penugasan untuk membuat skala prioritas dari siswa

- Didiskusikan, dipresentasikan dan ditanggapi

- Dinilai dan diberi refleksi

c. Kegiatan Penutup :

1. Dilakukan refleksi materi secara umum

2. Penugasan untuk materi minggu depan, yaitu membaca tentang produksi dan sumber daya ekonomi

Pertemuan II

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : a. Mengabsen siswa yang tidak hadir

b. Menanyakan tugas minggu lalu

2. Motivasi : - Membuat pentol bakso itu merupakan produksi apa bukan ?

Mengapa ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang

2. Siswa mulai berdiskusi tentang :

- Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi

- Klasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi

- Mengidentifikasi etika ekonomi dan memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis

- Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang industri dan pertanian) baik malalui intensifikasi maupun ekstensifikasi

- Mempresentasikan hasil diskusi per kelompok dan yang lain menanggapi

- Memberi penilaian pada saat diskusi dan presentasi

- Refleksi masing-masing materi diskusi

c. Kegiatan Penutup :

1. Memberi penguatan terhadap konsep materi yang dibahas

2. Memberi tes yang berkaitan dengan materi yang dibahas

3. Memberi tugas siswa untuk pertemuan minggu depan tentang diskusi

Pertemuan III

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Bagaimana keadaan anak-anak hari ini ?

2. Motivasi : Bagaimanakah sepatu buatan pabrik di Sidoarjo dan di toko Dampit ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang

2. Siswa mulai berdiskusi tentang :

- Pengertian dan tujuan distribusi

- Klasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)

- Mengidentifikasi kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan

- Mengidentifikasi pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha

- Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan yang lain menanggapi

- Melaksanakan penilaian, proses diskusi dan presentasi

- Merefleksi hasil diskusi

c. Kegiatan Penutup :

1. Melakukan refleksi secara umum

2. Melakukan penguatan konsep

3. Memberi tes atau pertanyaan yang sesuai dengan materi yang dibahas

E. Sumber Bahan dan Media Pembelajaran :

1. Buku yang relevan

2. Lingkungan keluarga dan masyarakat

3. LKS

F. Penilaian :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes tulis

b. Tes identifikasi

c. Penugasan

d. Diskusi

2. Bentuk Instrumen :

a. Tes uraian

b. Tes identifikasi

c. Pekerjaan rumah

d. Rubrik penilaian diskusi

3. Soal/Instrumen :

a. Tes Uraian :

1. Apa yang dimaksud kegiatan ekonomi ?

2. Sebutkan 3 contoh usaha meningkatkan jumlah produksi !

3. Sebutkan macam-macam kegitan ekonomi !

4. Sebutkan tujuan distribusi !

5. Beri 2 contoh suatu produksi di sekitar tempat tinggalmu !

b. Tes Identifikasi :

1. Buatlah tabel tentang etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan usaha/bisnis !

2. Buatlah tabel tentang aspek-aspek negatif perilaku konsumtif seseorang !

c. Pekerjaan Rumah :

1. Bacalah dan rangkumlah materi tentang produksi dan sumber daya ekonomi dari buku !

2. Pelajari tentang distribusi dan buat ringkasannya

d. Rubrik penilaian untuk tugas :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Ketepatan

Kebenaran data

Kerapian

1 – 5

1 – 5

1 – 5

15

Nilai =

e. Rubrik penilaian untuk diskusi :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Ketepatan

Kerjasama

Presentasi

Bertanya

Menjawab

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : VII / 2

Standar kompetensi : 6. Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat.

Kompetensi Dasar : 6.3. Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi

sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam

kaitannya dengan pelaku ekonomi

Indikator :

Ø Mendeskripsikan macam-macam badan usaha (menurut pemilik modal, lapangan usaha, banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)

Ø Mengidentifikasi tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta dan koperasi)

Ø Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis

Ø Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi

Ø Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

Alokasi Waktu : 6 JP (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

1. Mendeskripsikan macam-macam badan usaha (menurut pemilik modal, lapangan usaha, banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)

2. Mengidentifikasi tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta dan koperasi)

3. Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis

4. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi

5. Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

B. Materi Pembelajaran :

12 Macam-macam badan usaha (menurut pemilik modal, lapangan usaha, banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)

13 Tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta dan koperasi)

14 Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis

15 Kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi

5. Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

C. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah bervariasi 4. Penugasan
  2. Diskusi 5. Inquiri
  3. Tanya jawab/curah pendapat

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan I :

Materi : macam-macam badan usaha

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Setelah menyapa siswa, guru menanyakan pekerjaan beberapa orang tua

siswa

2. Motivasi : Dari jawaban siswa, guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi

berbagai macam pekerjaan orang tua siswa tersebut ke dalam materi

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas dalam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Dipandu untuk melakukan diskusi, pembagian tugas

3. Masing-masing kelompok berdiskusi tentang :

- Badan usaha menurut pemilik modal dan tujuannya

- Badan usaha menurut lapangan usaha dan tujuannya

- Badan usaha menurut banyaknya pekerja dan tujuannya

- Badan usaha menurut badan hukum dan tujuannya

4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, yang lain menanggapi

5. Melakukan penilaian dari pelaksanaan diskusi, presentasi dan pembuatan laporan

6. Melakukan refleksi terhadap materi yang didiskusikan

c. Kegiatan Penutup :

1. Membuat resume bersama-sama siswa tentang materi pembelajaran hari ini

2. Memberi tes tentang matri yang dibahas

3. Penugasan : membaca dan meringkas materi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis (di rumah)

Pertemuan II

Materi : - Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis

- Kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Menanyakan kesehatan anak-anak dan kesiapannya mengikuti pelajaran

2. Motivasi : Inginkah anak-anak menjadi seorang konglomerat/usahawan ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang yang nantinya akan berdiskusi untuk membahas tentang :

- hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis

- mengidentifikasi kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi

2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi tiap kelompok bergantian dan yang lain menanggapi

3. Melaksanakan penilaian, proses diskusi, presentasi dan pelaporan

4. Melakukan refleksi dan penguatan tentang matri yang didiskusikan

c. Kegiatan Penutup :

1. Memberi pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas

2. Penugasan untuk mencari contoh peran pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

Pertemuan III

Materi : Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : berdoa, memeriksa kehadiran siswa

2. Motivasi : Menanyakan kepada anak-anak tentang berapa harga bensin, beras, tarif

listrik dan sebagainya

b. Kegiatan Inti :

1. Membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang

2. Siswa mulai berdiskusi tentang :

- Barang-barang apa saja yang dihasilkan oleh pemerintah

- Apa saja yang dipakai/dikonsumsi oleh pemerintah

- Bagaimana barang-barang tersebut bisa sampai kepada konsumen

- Kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap hasil produksinya

3. Menyampaikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi

4. Melaksanakan penilaian, mulai proses diskusi, presentasi dan pelaporan

5. Menyimpulkan bersama dengan siswa tentang deskripsi pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

c. Kegiatan Penutup :

1. Melakukan refleksi secara umum

2. Melakukan penguatan konsep

E. Sumber Bahan dan Media Pembelajaran :

1. Buku yang relevan 3. LKS

2. Gambar-gambar BUMN 4. Lingkungan masyarakat

F. Penilaian :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes tulis

b. Tes identifikasi

c. Penugasan

d. Diskusi

2. Bentuk Instrumen :

a. Tes uraian

b. Soal jawab singkat

c. Pekerjaan rumah

d. Rubrik diskusi

3. Soal/Instrumen :

a. Tes Uraian :

1. Sebutkan masing-masing 4 contoh badan usaha menurut badan hukum !

2. Sebutkan tujuan badan usaha !

3. Sebutkan peranan pemerintah sebagai pelaku kegitan ekonomi !

b. Jawab singkat :

1. Yang menentukan kebijakan ekonomi, adalah ...

2. Orang kalau berbisnis harus memperhatikan ...

c. Penugasan :

- Tuliskan tentang contoh barang-barang yang diproduksi dan yang dikonsumsi oleh pemerintah !

e. Rubrik penilaian untuk tugas merangkum :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Ketepatan waktu

Bahan yang digunakan

Kerapian

1 – 5

1 – 5

1 – 5

e. Rubrik penilaian tugas contoh :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Ketepatan

Kebenaran data

Banyaknya

1 – 5

1 – 5

1 – 5

f. Rubrik penilaian diskusi

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Ketepatan

Kerjasama

Presentasi

Bertanya

Menjawab

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : VII / 2

Standar kompetensi : 6. Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat.

Kompetensi Dasar : 6.4. Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk

kemandirian dan kesejahteraan

Indikator :

Ø Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses krativitas dalam tindakan ekonomi

Ø Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan

Ø Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan

Ø Berlatih mengerjakan sendiri, kreativitas dan inovasi yang direncanakan

Ø Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki

Alokasi Waktu : 6 JP (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses krativitas dalam tindakan ekonomi
  2. Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
  3. Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan
  4. Berlatih mengerjakan sendiri, kreativitas dan inovasi yang direncanakan
  5. Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki

B. Materi Pembelajaran :

16 Krativitas dalam tindakan ekonomi

17 Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari

18 Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan

19 Praktik kreativitas dan inovasi

5. Gagasan dan berlaku kreatif, inovatif dan kemandirian dalam kehidupan sehari-hari

C. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah bervariasi 3. Penugasan
  2. Diskusi 4. Unjuk kerja/praktik

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan I :

Materi : - kreativitas dalam tindakan ekonomi

- pentingnya inovasi dan syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Guru menunjukkan berbagai bungkus makanan ringan berbagai rasa

2. Motivasi : Mengapa bungkus dan rasanya beda, padahal bahandasarnya sama ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas dalam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Masing-masing kelompok mengidentifikasi barang-barang tersebut untuk dapat menemukan pengertian kreatif dalam tindakan ekonomi

3. Mendiskusikan bersama kelompok untuk menemukan pengertian kreatif, inovatif dan syarat inovasi melalui identifikasi yang sesuai dengan konsep dari buku yang telah dipelajari

4. Presentasi hasil diskusi per kelompok, yang lain menanggapi

5. Melakukan penilaian mulai dari proses penuangan ide, diskusi dan presentasi

6. Menyimpulkan hasil diskusi

c. Kegiatan Penutup :

- Refleksi dengan memberi pertanyaan pada anak-anak

Pertemuan II

Materi : - Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan

- Praktik kreativitas dan inovasi

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Guru mengajak anak-anak ke kantin sekolah untuk mengamati usaha

yang ada dan menanyakan awal mulanya sampai dengan saat ini

2. Motivasi : Mengapa bisa demikian ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang

2. Setelah selesai pengamatan di kantin, guru mengajak anak-anak bekerja sesuai dengan kelompoknya

3. Mempresentasikan hasil diskusi per kelompok, yang lain menanggapi

4. Melaksanakan penilaian dan penguatan

5. Diberi kertas, lem, gunting untuk mencoba kreativitas dan inovasi anak-anak (masing-masing siswa)

6. Dikumpulkan dan diberi nilai

c. Kegiatan Penutup :

1. Refleksi dan penguatan materi

2. Penugasan : - siswa diminta untuk mencari barang-barang yang ada di sekitar

tempat tinggal (tidak membeli) beserta alat yang dibutuhkan (untuk

minggu depan)

- Coba kerjakan PR sendiri tanpa menyontek/pinjam teman

Pertemuan III

Materi : Gagasan dan berlaku kreatif, inovatif dan mandiri dalam kehidupan ekonomi

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Berdoa, memeriksa kehadiran siswa

2. Motivasi : Menanyakan tugas minggu lalu

b. Kegiatan Inti :

1. Siswa diminta mengeluarkan bahan yang sudah dibawa dari rumah

2. Diminta untuk menuangkan ide kreatif terhadap barang bawaan tersebut yang dapat menghasilkan uang

3. Dikumpulkan dan diberi nilai

4. Diberi refleksi karya mana yang merupakan ide kreatif dan mandiri serta dapat menunjang kehidupan ekonomi dengan yang tidak

5. Seluruh hasil karya dipajang di rak/etalase kelas/sekolah

c. Kegiatan Penutup :

1. Memberi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi

2. Meminta anak-anak untuk lebih meningkatkan kreativitas dan kemandirian di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari

E. Sumber Bahan dan Media Pembelajaran :

1. Buku yang relevan 3. Kantin sekolah

2. Makanan ringan (olahan pabrik) 4. Barang yang ada di sekitar rumah

F. Penilaian :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes tulis

b. Diskusi

c. Penugasan

d. Observasi

e. Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen :

a. Tes uraian

b. Rubrik

c. PR

d. Rubrik unjuk kerja

3. Soal/Instrumen :

a. Tes Uraian :

1. Apa yang dimaksud kreativitas ?

2. Proses kemandirian harus dimulai dari diri sendiri, darimana kamu mulai hidup mandiri ?

b. Rubrik penilaian untuk tugas membawa bahan :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Kesesuaian

Macam barang

Keaslian

1 – 5

1 – 5

1 – 5

c. Tugas Rumah (PR) :

Bentuk kreativitas apakah yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik kelas ?

d. Uji petik kerja :

Buatlah salah satu produk yang merupakan bentuk kreativitasmu sebagai siswa (taplak meja, hioasan dinding, bunga-bungaan dll)

Rubrik penilaian unjuk kerja :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. skor

Bahan

Kreatif

Inovasi

Kerapian

Hasil akhir

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

Duduksampeyan, 26 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 1 Dudukspy

Drs. H. IMRON, M.Pd. Dra. SRI UTAMI

Nip : 131 847 230 Nip : 131783114




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.42 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar