Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER GENAP

RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi Dasar : 9.1 Menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah yang
didengar
Indikator : 1. Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/
ceramah
2. Mampu menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah.

B. Materi Pembelajaran
Berpidato adalah komunikasi lisan pasif untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Ketika mendengarkan teks atau rekaman pidato/khotbah/ceramah, kita sering menganggap ada sesuatu yang penting atau sesuatu yang menarik dari isi pidato/khotbah/ceramah tersebut. Agar sesuatu yang penting atau sesuatu yang menarik itu tidak mudah terlupakan, sebaiknya kita membuat catatan tentang hal-hal pokok dan mencatat pesan-pesan yang disampaikan orator (orang yang berpidato), kemudian menyimpulkannya.
Untuk memudahkan pencatatan hal-hal penting dari pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan, gunakanlah petanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, yang sesuai dengan isi atau pesan yang disampaikan orator.

C. Metode Pembelajaran
a. Inkuiri
b. Diskusi
c. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pidato/khotbah/ceramah dan cara menyimak pidato/khotbah/ceramah dengan benar, yaitu menggunakan 5W + 1H.
2) Siswa menyimak/mendengarkan teks pidato/khotbah/ceramah yang dibacakan atau rekaman pidato/khotbah/ceramah.

2. Kegiatan Inti
1) Siswa mencatat hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan.
2) Siswa mendiskusikan dalam bentuk kelompok hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan dan menanggapinya.
3) Siswa mendiskusikan dalam bentuk kelompok menyimpulkan pesan teks pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan dalam bentuk paragraf.

3. Kegiatan Akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang pesan teks pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan, kemudian secara bersama-sama membuat simpulan akhir dan ditulis dalam bentuk paragraf.


E. Sumber Belajar
d. Teks pidato/khotbah/ceramah
e. Rekaman pidato/khotbah/ceramah

F. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis
b. Bentuk instrumen : Uraian
c. Soal /Instrumen :

1) Tuliskan minimal tiga hal pokok dari pidato/khotbah/ceramah yang telah kalian dengarkan!
2) Simpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah yang kamu dengarkan dalam bentuk paragraf!


Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi Dasar : 9.2. Memberi komentar tentang isi pidato/khotbah/
ceramah
Indikator : 1. Mampu menentukan isi pidato/khotbah/ceramah
2. Mampu memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang
santun tentang isi pidato/khotbah/ceramah
Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memberi komentar tentang isi pidato/khotbah/ceramah

B. Materi Pembelajaran
Cara memberi komentar terhadap pidato/khotbah/ceramah dan implementasinya

C. Metode Pembelajaran
1. Masyarakat belajar
2. Diskusi
3. Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
b. Siswa mendengarkan rekaman pidato/khotbah/ceramah
1. Kegiatan inti
a. Siswa mendengarkan rekaman pidato/khotbah/ceramah
b. Siswa mencermati simpulan pidato/khotbah/ceramah yang telah dibuat
c. Siswa berdiskusi untuk menentukan isi pidato/khotbah/ceramah
2. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Siswa mempresentasikan observasi dari hasil kerja kelompoknya

E. Sumber Belajar
1. Rekaman pidato
2. Buku referensi
3. Tape recorder / TV/ VCD
4. Narasumber

F. Penilaian
1. Teknik : observasi
2. Bentuk instrumen : lembar observasi











Lembar Observasi

N a m a / Kelompok :…………………………………….
H a r i :…………………………………….
Tanggal :…………………………………….
Pembicara/Pengkhotbah/
Penceramah :…………………………………….
Judul/tema :…………………………………….
W a k t u : Pukul…………..s.d………………

1. Tepatkah sistematika pidato/khotbah/ceramah yang kalian dengarkan?
a. tepat
b. kurang tepat
c. tidak tepat
2. Berikan alasan yang logis dari jawaban pertanyaan No.1!
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
3. Santunkah bahasa yang digunakan oleh pembicara/pengkhotbah/penceramah
dalam pidato/khotbah/ceramahnya?
a. santun
b. kurang santun
c. tidak santun
4. Berikan alasan yang logis dari jawaban pertanyaan No.3!
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
5. Buatlah simpulan dari isi pidato/khotbah/ceramah yang telah kamu dengarkan!
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
6. Bacakan simpulan dari isi pidato/khotbah/ceramah di depan kelas!



Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589






RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 10 Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato
dan berdiskusi.
Kompetensi Dasar : 10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang
tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
Indikator : 1. Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ caramah/
khotbah.
2. Mampu mengembangkan garis besar kerangka pidato/
ceramah/ khotbah menjadi sebuah teks pidato/ ceramah/
khotbah
3. Mampu berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.

B. Materi Pembelajaran
Cara berpidato/ berceramah/ berkhotbah dan implementasinya.

C. Metode Pembelajaran
1. Pemodelan
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Masyarakat belajar

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
1. Siswa mendengarkan tugas yang harus dikerjakan dari guru.
2. Siswa dikelompokkan dalam kelompok diskusi (3 – 5 siswa)
3. Siswa menerima contoh teks pidato/ ceramah/ khotbah.

2. Kegiatan inti
a. Siswa mencermati contoh teks pidato/ ceramah/ khotbah.
b. Siswa berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato/ ceramah/ khotbah..
c. Siswa mengembangkan kerangka pidato/ ceramah/ khotbah
d. Siswa menanggapi hasil teks pidato/ ceramah/ khotbah yang dibuat oleh anggota kelompok diskusinya.

3. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
Siswa mendengarkan pemodelan berpidato/ berceramah/ berkhotbah

2. Kegiatan inti
a. Siswa berlatih berpidato/ berceramah/ berkhotbah
b. Siswa melaksanakan kegiatan berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas..
3. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.
E. Sumber Belajar
1. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas IX oleh Suwito dkk. Halaman 1 – 2.
2. Buku-buku pidato
3. Contoh-contoh tekas pidato/ ceramah/ khotbah
4. Rekaman kaaet/ VCD pidato/ ceramah/ khotbah.

F. Penilaian
1. Teknik : Tes unjuk kerja
2. Bentuk istrumen : Uji petik kerja produk
3. Soal/ instrumen : 1. Susunlah garis besar kerangka pidato/ ceramah/ khotbah dengan
topik “Membekali Diri dengan Imtak dan Iptek”
2. Kembangkan garis besar kerangka pidato/ ceramah/ khotbah terse
but menjadi sebuah teks kerangka pidato/ ceramah/ khotbah
3. Berpidatolah di depan kelas dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas

Rublik untuk soal nomor 1 dan 2
No Aspek yang dinilai Skor
4 3 2 1
1. Sistematika
2. Isi
3. Bahasa
4. Ejaan
Jumlah

Rublik untuk soal nomor 3
No Aspek yang dinilai Skor
4 3 2 1
1. Intonasi
2. Artikulasi
3. Volume suara
4. Ekspresi
5. Penampilan
Jumlah

Keterangan:
4 : Sangat baik
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang

Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)




Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 10 Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi.
Kompetensi Dasar : 10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi.
Indikator : (1) Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi.
(2) Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
(3) Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas.

B. Materi Pembelajaran
Penerapan prinsip-prinsip diskusi
a. Mekanisme diskusi
b. Prinsip-prinsip diskusi
c. Penerapan prinsip-prinsip diskusi

C. Metode Pembelajaran
a. Pengamatan
b. Tanya Jawab
c. Inkuiri
d. Demonstrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Awal
(1) Siswa memahami kompetensi dasar yang harus dikuasai.
(2) Guru menyampaikan manfaat pembelajaran diskusi untuk memecahkan suatu masalah.
b. Kagiatan Inti
(1) Siswa membentuk kelompok menjadi 4 – 5 kelompok.
(2) Siswa mengamati tayangan diskusi.
(3) Siswa mencatat mekanisme diskusi dari tayangan tersebut.
(4) Siswa mencatat prinsip-prinsip diskusi dari tayangan tersebut.
(5) Siswa menyimpulkan mekanisme diskusi.
(6) Siswa menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
(7) Setiap kelompok menyampaikan kesimpulan mekanisme diskusi dan prinsip-prinsip diskusi di depan kelompok lain.
(8) Kelompok lain menanggapi penyampaian hasil diskusi dari kelompok yang tampil.
(9) Siswa dan guru menyepakati mekanisme diskusi dan prinsip-prinsip diskusi.
c. Kegiatan Akhir
(1) Siswa dan guru melakukan refleksi.
(2) Guru memberi penguatan pada pembelajaran tersebut.
(3) Guru menguasai siswa menyiapkan teks pidato tentang lingkungan sekolah untuk pembelajaran berikutnya.

Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
(1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembelajaran diskusi sebelumnya.
(2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang unsur-unsur diskusi (moderator, penyaji, notulis, dan peserta)
(3) Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
(1) Setiap kelompok menentukan anggotannya sebagai moderator, penyaji, dan notulis.
(2) Secara bergiliran, setiap kelompok tampil dalam diskusi kelas dengan menerapkan prinsip-prinsip diskusi dan kelompok lain menanggapi.
(3) Siswa dan guru menyusun format penilaian/lembar observasi.
(4) Siswa dan guru menentukan dua kelompok penampil terbaik.
(5) Dua penampil terbaik mendapat penghargaan dari guru dan teman-temannya.
c. Kegiatan Akhir
(1) Siswa dan guru melakukan refleksi.

E. Sumber Belajar
a. Rekaman diskusi (VCD).
b. Teks pidato tentang lingkungan sekolah.
c. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas IX SMP karangan Suwito, dkk. Halaman : 142.
d. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas IX SMP karangan Sawali, dkk. Halaman : 167, 208, 239.

F. Penilaian
a. Teknik : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Soal / Instrumen :
(1) Simpulkan mekanisme / tata cara berdiskusi !
Pedoman Penskoran

No. Mekanisme Diskusi SKOR
Ada Tidak Ada Hasil Kesimpulan Siswa
1. Membuka Diskusi 1 0
2. Menyampaikan Pokok Pembicaraan 1 0
3. Menanggapi Pokok Pembicaraan 1 0
4. Mengajukan Pertanyaan 1 0
5. Menyimpulkan Hasil Diskusi 1 0
6. Menutup Diskusi 1 0

(2) Simpulkanlah prinsip-prinsip berdiskusi !
Pedoman Penskoran

No. Mekanisme Diskusi SKOR
Ada Tidak Ada Hasil Kesimpulan Siswa
1. Pemecahan Masalah Secara Bersama 1 0
2. Penggunaan Bahasa secara jelas, mudah dipahami, dan sopan 1 0
3. Menghargai Pendapat Orang lain 1 0
4. Tidak Memaksakan Kehendak 1 0
5. Demokratis 1 0




(3)



Penerapan mekanisme dan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas.

Nama Kelompok : ............................................

No. Aspek Kegiatan 1 2 3 4
1. Mekanisme Diskusi Cara membuka diskusi
Cara menyampaikan pokok pembicaraan
Cara menanggapi pokok pembicaraan
Cara mengajukan pertanyaan
Cara menyimpulkan hasil diskusi
Cara menutup diskusi
2. Penerapan Prinsip-Prinsip Diskusi Memecahkan masalah secara bersama
Menggunakan bahasa secara jelas, mudah di pahami, dan sopan
Menghargai pendapat orang lain
Tidak memaksakan kehendak
Demokratis

Berilah tanda cek () pada kolom 1, 2, 3, dan 4 dengan ketentuan sebagai berikut :
1. = Tidak Tepat / Tidak Baik
2. = Kurang tepat / Kurang Baik
3. = Tepat / Baik
4. = Sangat Tepat / Sangat Baik

Skor Maksimal
Soal No (1) = 6
Soal No (2) = 5
Soal No (3) = 44
Jumlah = 55

Perhitungan nilai akhir dalam skla 0 – 100 adalah sebagai berikut :

Nilai Akir =





Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif. Membaca intensif, dan membaca cepat.
Kompetensi Dasar : 11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
Indikator : 1. Mampu menemukan gagasan dari artikel
2. Mampu menemukan gagasan dari buku
3. Mampu mengutip pernyataan dari artikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif

B. Materi Pembelajaran
Cara menemukan gagasan dalam wacana dan implementasinya.
Kegiatan yang harus dilakukan sebelum menemukan gagasan utama adalah membaca wacana tersebut dengan cermat untuk memahami isi tiap paragraf. Dengan demikian hal – hal yang penting dalam wacana akan kita temukan sehingga dapat kita temukan gagasan utamanya.

C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Diskusi


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang gagasan dalam artikel dan gagasan dalam buku.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang cara mencari gagasan dalam artikel dan buku.

2. Kegiatan inti
a. Siswa membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai gagasan yang terdapat di dalamnya
b. Siswa membaca artikel dan atau buku dengan cara mengutip pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam penulisan karya ilmiah.
c. Siswa mengidentifikasi gagasan dalam artikel dan atau buku.
d. Siswa mengutip pernyataan dari artikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis.
e. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendiskusikan gagasan dari artikel atau buku.
f. Siswa menyimpulkan gagasan artikel atau buku yang telah dibaca.
g. Siswa mendiskusikan kutipan pernyataan artikel sebagai referensi penulisan karya ilmiah.

3. Kegiatan akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.


E. Sumber Belajar
1. ” Bahasa dan Sastra Indonesia” karya Suwito, dkk. Surakarta. Harapan Baru Hal.103-108
2. Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX edisi 2 Dirjend PLP hal 190-191
3. Wacana dalam artikel dari media cetak dan atau buku

F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis, tes lisan
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal / Instrumen :

1. Tulislah gagasan dalam tiap paragraf artikel tersebut !
2. Tulislah gagasan yang kamu anggap penting dalam wacana tersebut !
3. Tulislah lima kutipan pernyataan dalam artikel yangdapat dipergunakan sebagai referensi dalam penulisan karya tentang artis favorit !
Pedoman penskoran

No Aspek yang dinilai/001 Skor
4 3 2 1
1 Gagasan yang ditemukan sesuai dengan isi artikel / wacana
2 Kalimat yang digunakan efektif
3 Pernyataan yang dikutip sesuai dengan topik karya ilmiah


Skor yang diperoleh
Nilai X 100
Skor maksimum

Keterangan :

4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang


Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif. Membaca intensif, dan membaca cepat.
Kompetensi Dasar : 11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif.
Indikator : 1. Mampu mengubah grafik menjadi uraian melalui kegiatan
membaca intensif.
2. Mampu mengubah bagan atau tabelmenjadi uraian.
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengubah grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif

B. Materi Pembelajaran
a. Grafik berisi data – data yang berupa laporan yang diperoleh dari beberapa sumber. Misalnya
Data Penduduk dari Tahun 200 s/d 2006.
b. Cara mengubah grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian dan implementasinya.

C. Metode Pembelajaran
a. Diskusi
b. Tanya jawab
c. Pemodelan
d. Inkuiri
e. Latihan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
1. Siswa membaca contoh grafik, tabel, atau bagan yang disediakan guru
2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang grafik, tabel, atau bagan yang telah dibacanya.
3. Siswa berkelompok.

b. Kegiatan inti
1. Siswa secara berkelompok membaca grafik, tabel, dan bagan yang ada di buku yang diberikan guru
2. Siswa secara berkelompok mengubah grafik, tabel, dan bagan menjadi uraian
3. Siswa secara berkelompok mengubah grafik, tabel, dan bagan menjadi kalimat
4. Siswa memberikan tanggapan

c. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar isi bacaan sebagai refleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan kemudian secara bersama-sama membuat simpulan akhir.


E. Sumber Belajar
a. Teks bacaan yang berisi grafik, tabel dan bagan
b. Buku teks



F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal / Instrumen :

1. Identifikasilah isi grafik, tabel dan bagan berikut ini !
2. Ubahlah sajian grafik, tabel, dan bagan berikut menjadi beberapa kalimat !


Rubrik penilaian
No Aspek yan dinilai Skor
4 3 2 1

1
2
3

Ketepatan jawaban
Penggunaan bahasa
Penggunaan ejaan

Keterangan :
4 = sangat tepat 3 = tepat 2 = cukup tepat 1 = kurang tepat


Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif. Membaca intensif, dan membaca cepat.
Kompetensi Dasar : 11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat + 300 kata per menit
Indikator : 1. Mampu membaca cepat minimal 300 kata per menit untuk
menemukan hal-hal penting dari bacaan
2. Mampu menjawab pertanyaan dengan ketepatan minimal 75 %
3. Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat + 300 kata per menit.

B. Materi Pembelajaran
Teks atau bacaan yang terdiri atas + 300 kata atau kelipatannya

C. Metode Pembelajaran
a. Teknik membaca cepat ( mis. Scanning, skimming, SQ3R, dll )
b. Diskusi
c. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang teknik-teknik membaca cepat
2. Siswa membentuk kelompok kecil ( 2 – 4 orang tiap kelompok )
3. Guru membagikan satu stopwatch untuk satu kelompok

b. Kegiatan inti
1. Siswa secara bergantian dalam kelompok mengukur kecepatan membaca masing-masing dengan menggunakan stopwatch yang tersedia.
2. Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang sudah disiapkan.
3. Siswa berdiskusi dalam kelompok membahas isi bacaan yang telah dibacanya.
4. Siswa berdiskusi dalam kelompok menyimpulkan gagasan utama bacaan yang telah dibacanya.

c. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar isi bacaan sebagai refleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan kemudian secara bersama-sama membuat simpulan akhir yaitu menentukan gagasan utama bacaan.

E. Sumber Belajar
b. Teks bacaan dari koran, majalah, atau tabloit
c. Buku teks
d. Stopwatch
F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
3. Soal / Instrumen :

1. Ukurlah kecepatan membaca temanmu ! ( secara bergantian )
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ! ( Pertanyaan disesuaikan dengan bacaan )
3. Apakah gagasan utama bacaan yang telah kalian baca ?







Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi Dasar : 12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan berbagai sumber
Indikator : 1. Mampu menentukan sistematika karya tulis
2. Mampu menuliskan daftar pustaka sebagai rujukan
3. Mampu menulis karya tulis sederhana dengan sistematika yang baik
4. Mampu menyunting karya tulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

B. Materi Pembelajaran
Karya tulis merupakan karangan yang disusun oleh seseorang yang berisi pembahasan terhadap suatu masalah berdasarkan kajian pustaka atau pengamatan agar informasi yang disampaikan lebih lengkap dan mempunyai dasar yang kuat karya tulis sebaiknya disusun menggunakan beberapa sumber.
Langkah-langkah penyusunan karya tulis :
- Memilih/menentukan topik
- Mengumpulkan bahan/data
- Menyusun kerangka karya tulis
- Mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis

C. Metode Pembelajaran
1. Pemodelan
2. Tanya jawab
3. Masyarakat belajar
4. Inkuiri
5. Penugasan
6. Refleksi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1
1. Kegiatan awal
a. Siswa mengamati dan mencermati contoh karya tuli
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan karya tulis
c. Siswa memahami kompetensi dasar yang harus dikuasai


2. Kegiatan inti
a. Siswa secara berkelompok mendiskusikan sistematika karya tulis
b. Siswa menentukan sebuah topik untuk menyusun karya tulis
c. Siswa menyusun kerangka karya tulis
d. Siswa menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis

3. Kegiatan akhir
a. Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan ke-2
1. Kegiatan awal
a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang sistematika karya tulis yang telah disepakati

2. Kegiatan inti
a. Siswa menyusun karya tulis sederhana berdasarkan sistematika penulisan karya tulis
b. Siswa menuliskan daftar pustaka sebagai rujukan
c. Siswa menyunting karya tulis yang telah disusun
d. Siswa mempresentasikan hasil karya tulis

3. Kegiatan akhir
a. Siswa dan guru melakukan refleksi

E. Sumber Belajar
- Bahasa dan sastra Indonesia kelas IX karya Nurhadi, Dawud, Yuni Pratiwi
- Bahasa dan sastra Indonesia kelas IX karya Suwito, Wakimin, Purwanto

F. Penilaian
a. Jenis tagihan : tes
b. Teknik : penugasan
c. Bentuk instrumen : tugas proyek
d. Soal / instrumen : susunlah suatu karya tulis dengan topik pendidikan, buatlah daftar pustaka yang merujuk pada sumber referensi yang kamu gunakan (waktu : 1 minggu)

Rubrik Penilaian
No Aspek Diskriptor Skor
1 Isi - Kesesuaian isi dengan judul
- Ketidaksesuaian isi dengan judul 3
1
2 Bahasa - Menggunakan bahasa yang efektif
- Bahasa yang digunakan tidak efektif 3
1
3 Ejaan dan tanda baca - Kesesuaian pemakaian ejaan dan tanda baca benar
- Kesesuaian pemakaian ejaan dan tanda baca kurang benar 3

1
4 Sistematika - Sesuai dengan sistematika penulisan
- Tidak sesuai dengan sistematika penulisan 3
1


Penghitungan nilai akhir : x skor ideal (100) =



Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
Kompetensi Dasar : 12.2 Menulis teks pidato / ceramah / khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif.
Indikator : 1. Mampu menentukan kerangka pidato/ cermaah / khotbah.
2. Mampu mengembangkan kerangka pidato/ ceramah / khotbah.
3. Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato / ceramah/ khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik.
4. mampu menyunting teks pidato/ ceramah/ khotbah yang ditulisnya.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis teks pidato / ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.

B. Materi Pembelajaran
 Langkah-langkah menulis pidato/ ceramah/ khotbah adalah menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ ceramah/ khotbah.
 Sistematika
1. Salam pembuka
2. Salam penghormatan kepada orang-orang tertentu misalnya pejabat atau orang memiliki peran penting yang hadir pada acara itu.
3. Isi
4. Penutup
5. Salam Penutup

C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Kerja kelompok
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Refleksi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Siswa diajak mencermati teks pidato / ceramah/ khotbah
b. Siswa secar berkelompok diskusi untuk menentukan sistematika pidato/. ceramah/ khotbah.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa secara berkelompok menentukan tema pidato/ ceramah/ khotbah yang akan disampaikan.
b. Siswa menyusun kerangka pidato.
c. Siswa mengembangkan keranga pidato menjadi pidato dengan sistematika yang baik dan bahasa yang efektif.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa melakukan refleksi mengenai kekurangan-kekurangannya.
b. Siswa menyunting naskah pidatonya.
E. Sumber Belajar
a. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs kelas IX
Sawali dkk. Halaman 55 – 61 Penerbit PT. Citra Aji Parama, Yogyakarta.

F. Penilaian
1. Teknik : 1. Tes Unjuk Kerja
2. Porto folio
2. Bentuk Instrumen : 1. Uji petik kerja prosedur dan produk
2. Dokumen teks pidato siswa ( draf 1 ) dan yang sudah
diperbaiki berdasarkan masukan teman dan / guru
3. Instrumen : Susunlah teks pidato / ceramah/ khotbah melalui langkah-
langkah :
a. Menentukan tema
b. Menyusun kerangka
c. Mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik.
d. Menyuntingkan pada tahap akhir.



Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
Kompetensi Dasar : 12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
Indikator : 1. Mampu menentukan hal-hal pokok dalam surat pembaca
2. Mampu menentukan permasalahan/usulan/saran yang akan
disampaikan dalam surat pembaca
3. Mampu menulis surat pembaca
4. Mampu menyunting surat pembaca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

B. Materi Pembelajaran
o Penulisan surat pembaca


C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Diskusi
3. Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Siswa diajak mencermati surat pembaca yang diambil dari media cetak
b. Siswa secara berkelompok diskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa secara berkelompok mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan permasalahan / usul / saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca.
b. Siswa menyusun / menulis surat pembaca
c. Siswa membacakan surat pembacanya di depan kelas dan siswa lain memberikan tanggapan / masukan
d. Siswa menyunting surat pembaca yang sudah ditulisnya berdasarkan masukan dari temannya

3. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru bertanya jawab mengenai surat pembaca sebagai refleksi.

E. Sumber Belajar
Media cetak yang memuat surat pembaca







F. Penilaian
1. Teknik : 1. Tes tulis
2. Porto folio
2. Bentuk Instrumen : 1. Tes uraian
2. Dokumen teks pidato siswa ( draf 1 ) dan yang sudah
diperbaiki berdasarkan masukan teman dan / guru
3. Instrumen : 1. Sebutkan hal – hal poko yang harus ada dalam surat pembaca !
2. Tulislah surat pembaca yang berisi permasalahan/usulan/saran yang
berhubungan dengan lingkungan sekolah !
3. Suntinglah surat pembaca yang sudah kalian tulis !



Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan
pembacaan kutipan / sinopsis novel.
Kompetensi Dasar : 13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang
dibacakan.
Indikator : 1. Mampu menentukan tokoh – tokoh dalam novel
2. Mampu menentukan sifat – sifat tokoh dengan alasan yang
meyakinkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan tokoh – tokoh dalam novel dan menerangkan sifat para tokoh tersebut.

B. Materi Pembelajaran
Jenis dan sifat tokoh dalam cuplikan novel yang dibacakan ( rekaman kutipan novel / roman ) serta
implementasinya.

C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Diskusi
3. Tanya Jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang novel
b. Siswa memperhatikan pejelasan guru secara singkat tentang jenis dan sifat tokoh.

2. Kegiatan Inti
c. Siswa membentuk kelompok.
d. Siswa mendengarkan kutipan / sinopsis novel yang dibacakan.
e. Siswa mendiskusikan jenis dan sifat tokoh dari kutipan / sinopsis novel yang didengar.
f. Siswa melaporkan hasil diskusinya secara lisan di depan kelas
g. Siswa lain menanggapi / mengomentari laporan temannya.
h. Siswa menyimpulkan jenis dan sifat tokoh dari kutipan / sinopsis novel yang didengar.

3. Kegiatan Akhir
a. Siswa bersama guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas pada siswa untuk berlatih mendengarkan pembacaan novel dan menjelaskan jenis dan sifat tokoh secara berkelompok.

E. Sumber Belajar

Kutipan / sinopsis novel ( rekamannya )





F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk Instrumen : tes uraian
3. Soal Instrumen :
1. Sebutkan para tokoh dalam kutipan / sinopsis yang dibacakan kemudian tentukan jenis dan sifatnya !
2. Ceritakan kembali cuplikan novel yang telah kalian dengarkan dengan menggunakan bahasa kalian sendiri !




Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan
pembacaan kutipan / sinopsis novel.
Kompetensi Dasar : 13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang
dibacakan.
Indikator : 1. Mampu menentukan tahap – tahap alur.
2. Mampu mengidentifikasi peristiwa dari kutipan / sinopsis novel yang didengar berdasarkan alurnya.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan.

B. Materi Pembelajaran
Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita.
Tahapan alur :
a. eksposisi
o tempat dan waktu terjadinya peristiwa
o identitas / perkenalan tokoh
b. komplikasi dan konflik
o timbulnya kekuatan, kehendak, atau perilaku yang bertentangan
o pelaku mulai berkonflik
c. klimaks
o konflik pelaku memuncak
d. revelasi / peleraian
o peleraian konflik
e. penyelesaian


klimaks

komplikasi peleraian
eksposisi dan konflik


penyelesaian
Macam – macam alur :
1. Alur maju
1. Alur mundur
2. Alur campuran


C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Masyarakat belajar
3. Konstruktivisme


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang novel
b. Siswa memperhatikan pejelasan guru secara singkat tentang tahapan alur.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membentuk kelompok.
b. Siswa membacakan kutipan / sinopsis novel sedangkan siswa yang lain mendengarkan.
c. Siswa mendiskusikan tahapan alur dari sinopsis novel yang didengar.
d. Siswa mengidentifikasi dan mendiskusikan peristiwa dari sinopsis novel yang didengar berdasarkan tahapan alurnya.
e. Siswa melaporkan hasil diskusinya secara lisan di depan kelas
f. Siswa lain menanggapi / mengomentari laporan temannya.
g. Siswa menyimpulkan macam alurnya.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa bersama guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas pada siswa untuk berlatih mendengarkan pembacaan novel dan menjelaskan alur peristiwanya secara berkelompok
E. Sumber Belajar
a. Suwito dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX. Surakarta : Harapan baru. Halaman 29 - 39
b. Pardjimin, dkk. Bahasa Indonesia Kelas IX. Jakarta : Yudistira. Hal 103 - 107
F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk Instrumen : tes uraian
3. Soal Instrumen :
2. Bagaimanakah tahap-tahap alur yang terdapat dalam sinopsis novel …………….?
3. Identifikasilah peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam sinopsis novel ……….berdasarkan alurnya !
4. Apa jenis alur yang digunakan dalam novel ……………….?

No Aspek yan dinilai Skor

5 4 3 2 1
1





2
3
4 Ketepatan pembacaan sinopsis novel :
o Intonasi
o Irama
o Nada
o Tempo
o Jeda
Ketepatan tahapan alur
Ketepatan identifikasi peristiwa
Ketepatan penyimpulan alur


Jumlah Skor


Duduksampeyan, 17 Juli 2006
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama
Kompetensi Dasar : 14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa
Indikator : 1. Mampu menentukan hal-hal yang akan dibahas terkait
denganpementasan drama.
2. Mampu membahas pementasan drama melalui kegiatan diskusi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membahas dan menentukan hal – hal yang terkait dengan pementasan drama

B. Materi Pembelajaran
Pembahasan pementasan naskah drama

C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pementasan drama
b. Siswa membentuk kelompok diskusi dan pementasan drama

2. Kegiatan Inti
a. Siswa secara berkelompok mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pementasan
drama
b. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membahas persiapan pementasan drama
c. Siswa mengamati pementasan drama yang dilakukan oleh salah satu kelompok kemudian
memberikan tanggapan / komentar terhadap penampilan kelompok tersebut.

3. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi

E. Sumber Belajar
1. Buku teks
2. Naskah drama

F. Penilaian
1. Teknik : Observasi
2. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
3. Instrumen :









Rubrik Penilaian
No Aspek yang dinilai Skor
4 3 2 1

1



2



3
Pelafalan dialog :
a. Kualitas ujaran ( vokal )
b. Kejelasan
c. Ketepatan nada, jeda, intonasi
Pemeranan pelaku :
a. Ekspresi / penghayatan
b. Kesesuaian gerak pemain dengan perannya
c. Bloking / posisi pemain di panggung
Lain – lain :
a. Tata panggung / pentas
b. Ilustrasi musik / suara


Keterangan :
4 = sangat tepat 3 = tepat 2 = cukup tepat 1 = kurang tepat

Skor Perolehan
Nilai X 100
Skor maksimal


Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama
Kompetensi Dasar : 14.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa
Indikator : 1. Mampu menemukan unsur-unsur yang akan dinilai.
2. Mampu menilai pementasan drama melalui kegiatan diskusi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan unsur penilaian dan menilai pementasan drama

B. Materi Pembelajaran
1. Penilaian pementasan drama
2. Contoh format penilaian pementasan drama

Nama Kelompok : ………………………………………
Judul Drama : ……………………………………… N i l a i
Komponen yang dinilai 4 3 2 1
Pelafalan dialog :
d. Kualitas ujaran ( vokal )
e. Kejelasan
f. Ketepatan nada, jeda, intonasi
Pemeranan pelaku :
a. Ekspresi / penghayatan
b. Kesesuaian gerak pemain dengan perannya
c. Bloking / posisi pemain di panggung
Lain – lain :
a. Tata panggung / pentas
b. Ilustrasi musik / suara


C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Masyarakat belajar
3. Penugasan
4. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang unsur penilaian pementasan drama
b. Siswa membentuk kelompok diskusi dan pementasan drama
2. Kegiatan Inti
a. Siswa secara berkelompok mendiskusikan unsur – unsur penilaian pementasan drama
b. Siswa menyusun rubrik penilaian pementasan drama.
c. Diskusi kelas untuk menyamakan rubrik penilaian pementasan drama berdasarkan unsur-
unsur yang telah ditemukan masing-masing kelompok.
d. Menonton pementasan drama yang dilakukan oleh siswa.
e. Siswa menilai pementasan drama berdasarkan rubrik penilaian yang telah disepakati
3. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi



E. Sumber Belajar
1. Belajar Berbahasa Indonesia SMP kelas IX karya Frans Sisi Dadang. Jakarta : Erlangga . Hlm
13-14
2. Bahasa dan Sastra Indonesia SMP kelas IX karya Suwito, dkk. Surakarta : Harapan Baru. Hlm 19 – 21 dan 101 – 102
3. Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas IX edisi 2 Dirjen PLP hal 79 – 85
4. Naskah drama

F. Penilaian
1. Teknik : 1. Tes tulis
2 Bentuk Instrumen : Uraian
3 Instrumen : 1. Susunlah rubrik penilaian drama !
2. Tontonlah drama yang dipentaskan oleh temanmu !
3. Berikan penilaian pementasan drama tersebut !

Rubrik Penilaian
No Aspek yang dinilai Skor
4 3 2 1

1

2
Kesesuaian rubrik dengan kesepakatan

Kesesuaian nilai dengan kualitas pementasan

Keterangan :
4 = sangat tepat 3 = tepat 2 = cukup tepat 1 = kurang tepat

Skor Perolehan
Nilai X 100
Skor maksimal



Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 15. Memahami novel dari bebagai angkatan
Kompetensi Dasar : 15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam novel angkatan 20 s.d. 30-an.
Indikator : 1. Mampu mendata kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam novel.
2. Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa
kini.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20 s.d. 30-an.

B. Materi Pembelajaran
Novel merupakan salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa baru. Membaca karya sastra sesungguhnya tidak sekadar menikmati keasyikan ceritanya, tetapi yang lebih penting adalah dapat memetik manfaat dari cerita tersebut. Ketika membaca cerita, kita harus bisa mengenal dan memahami kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam karya sastra. Dengan membacanya lebih saksama, kita akan lebih mudah mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam karya sastra tersebut, serta mengaitkannya dengan kehidupan masa kini.

C. Metode Pembelajaran
a. Inkuiri
b. Diskusi
c. Demonstrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(1) Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal
Siswa menyebutkan beberapa novel angkatan 20 s.d. 30-an yang menarik.

b. Kegiatan Inti
1. Siswa membaca novel angkatan 20 s.d. 30-an dengan judul Mencari Pencuri Anak Perawan karya Suman Hs.
2. Siswa mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel tersebut.
3. Siswa mendiskusikan kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel tersebut.
4. Siswa melaporkan hasil diskusi.

c. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.


(2) Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal
Bertanya jawab tentang kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20 s.d. 30-an dengan judul Mencari Pencuri Anak Perawan karya Suman Hs.




b. Kegiatan Inti
1. Siswa menyimpulkan tentang kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20 s.d. 30-an dengan judul Mencari Pencuri Anak Perawan karya Suman Hs.
2. Siswa menunjukkan relevansi isi novel dengan situasi masa kini.
c. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.

E. Sumber Belajar
Novel dengan judul Mencari Pencuri Anak Perawan oleh Suman Hs. Halaman 83 s.s. 90 Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX

F. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis
b. Bentuk instrumen : Uraian
c. Soal /Instrumen :

1) Bagaimana adat yang berlaku dalam mencari jodoh?
2) Dalam menentukan teman hidup atau jodoh, adakah perbedaan pola pikir orang tua dan anak? Jelaskan!
3) Adakah perilaku tokoh dalam kutipan novel tersebut yang tidak boleh dicontoh? Berikan alasannya!
4) Kemukakan pendapatmu kaitan antara isi kutipan novel tersebut dengan kehidupan masa kini!







Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589













RENCANA PELKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 15. Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar : 15. 2 Membandingkan karakteristik novel Angkatan 20-30 an.
Indikator : 1. Mampu mengidentifikasi karakteristik novel Angkatan 20-30 an
2. Mampu membandingkan karakteristik novel Angkatan 20-30 an
dengan novel masa kini.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membandingkan karakteristik novel Angkatan 20-30 an.


B. Materi Pembelajaran
Novel Angkatan 20-30-an.


C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Penugasan
3. Inkuiri


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Siswa ditugasi membaca novel Angkatan 20-30-an dan novel masa kini seminggu
sebelum KBM.
b. Siswa mendengarkan tugas yang harus dikerjakan dari guru

2. Kegiatan inti
a. Siswa membentuk kelompok kecil antara 3 – 5 siswa.
b. Siswa mendiskusikan karakteristik novel dalam kelompok kecil.
c. Siswa berdisdusi antarkelompok kecil.
d. Siswa mendiskusikan karakteristik novel dalam diskusi kelas.
e. Siswa membandingkan karakteristik novel 20-30-an dengan novel masa kini.

3. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa melakukan refleksi.


E. Sumber Belajar
1. Buku novel Angkatan 20-30-an
2. Buku novel masa kini









F. Penilaian
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk istrumen : Uraian
3. Soal/ instrumen : 1. Identifikasikan satu novel Angkatan.20-30-an yang kamu
baca.
2. Bandingkan karakteristik novel Angkatan 20-30-an dengan novel
masa kini yang pernah kamu baca.

Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar : 16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah
dibaca
Indikator : 1. Mampu mengidentifikasi perbedaangaya penulisan cerpen
dan drama
2. Mampu mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen
3. Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca
4. Mampu menyuntring naskah drama yang telah ditulisnya
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

B. Materi Pembelajaran
Naskah drama dan cerpen

C. Metode Pembelajaran
1. Inkuiri
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
5. Pemodelan
6. Latihan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I
1. Kegiatan awal
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang naskah drama dan cerpen
b. Siswa membandingkan cerpen dan naskah drama

2. Kegiatan inti
a. Siswa berdiskusi dalam kelompok membahas persamaan dan perbedaan cerpen dan naskah drama.
b. Siswa berdiskusi dalam kelompok mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen
c. Siswa berdiskusi dalam kelompok mengubah cerpen menjadi naskah drama dengan memperhatikan kesamaan pokok cerita.

3. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar naskah drama yang ditulis sebagai refleksi dari proses pembelajaran.

Pertemuan II
1. Kegiatan awal
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang menyunting naskah drama
b. Siswa menyiapkan naskah drama yang akan disunting
2. Kegiatan inti
a. Siswa berdiskusi dalam kelompok menentukan hal – hal dalam naskah drama yang akan disunting
G. Siswa berdiskusi dalam kelompok menyunting naskah drama yang telah ditulisnya.
H. Siswa menulis kembali naskah drama yang telah disunting dengan rapi dan siap untuk dipentaskan
I. Tiap kelompok membawakan naskah dramanya di depan kelas sedangkan kelompok lain memberikan penilaian dan masukan / kritikan sebagai perbaikan.

3. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar naskah drama yang ditulis sebagai refleksi dari proses pembelajaran.


E. Sumber Belajar
1. Naskah drama
2. Cerpen
3. Buku teks

F. Penilaian
1. Teknik : Penugasan dan portofolio
2. Bentuk Instrumen : Tugas proyek dan dokumen naskah drama
3. Soal / Instrumen :

Tulislah naskah drama berdasarkan cerpen yang pernah kalian baca dengan langkah – langkah sebagai berikut :
1. Pilihlah satu judul cerpen yang kalian suka !
2. Susunlah urutan peristiwa yang ada dalam cerpen !
3. Kembangkan urutan peristiwa itu menjadi naskah drama !
4. Kemudian suntinglah naskah tersebut !

Rubrik Penilaian
No Aspek yan dinilai Skor
4 3 2 1
1
2
3 Ketepatan jawaban
Penggunaan bahasa
Penggunaan ejaan
Keterangan :
4 = sangat tepat 3 = tepat 2 = cukup tepat 1 = kurang tepat

Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah : SMP Negeri 1 Duduksampeyan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar : 16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
Indikator : 1. Mampu memilih peristiwa nyata yang menarik untuk
didramakan
2. Mampu menyusun urutan peristiwa untuk drama satu babak
3. Mampu mengembangkan urutan peristiwa menjadi naskah drama satu babak
4. Mampu menyuntring naskah drama yang telah ditulisnya
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

B. Materi Pembelajaran
Naskah drama

C. Metode Pembelajaran
a. Inkuiri
b. Diskusi
c. Penugasan
d. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a. Kegiatan awal
1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang naskah drama.
2. Siswa menyimak / mendengarkan naskah drama yang dibacakan.

b. Kegiatan inti
1. Siswa berdiskusi dalam kelompok membahas sistematika dan unsur – unsur yang ada pada drama.
2. Siswa berdiskusi dalam kelompok mengidentifikasi peristiwa nyata yang ada di sekitar siswa dan menarik untuk didramakan.
3. Siswa berdiskusi dalam kelompok menyusun urutan peristiwa untuk drama satu babak.

c. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar naskah drama dan peristiwa – peristiwa nyata di sekitar siswa yang menarik untuk didramakan.

Pertemuan II

a. Kegiatan awal
1. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang drama satu babak.
2. Siswa mempersiapkan urutan peristiwa nyata yang hendak dijadikan naskah drama.

b. Kegiatan inti
1. Siswa berdiskusi dalam kelompok mengembangkan urutan peristiwa menjadi
naskah drama satu babak dengan memperhatikan sistematika dan unsur-unsur
drama.
2. Siswa berdiskusi dalam kelompok menyunting naskah drama yang telah ditulisnya.
3. Tiap kelompok membacakan naskah drama masing – masing di depan kelas, kelompok
lain memberikan tanggapan

c. Kegiatan akhir
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar naskah drama yang telah ditulis
siswa dan memberikan saran atau kritik untuk memperbaiki naskah drama tersebut.

E. Sumber Belajar
1. Naskah drama
2. Buku teks
3. Lingkungan

F. Penilaian
1. Teknik : Penugasan dan portofolio
2. Bentuk Instrumen : Tugas proyek dan dokumen naskah drama
3. Soal / Instrumen :

Tulislah naskah drama berdasarkan peristiwa nyata yang ada di sekitarmu / yang pernah kalian alami dengan langkah – langkah sebagai berikut :
1. Pilihlah satu peristiwa nyata !
2. Susunlah urutan peristiwa untuk satu babak !
3. Kembangkan urutan peristiwa itu menjadi naskah drama satu babak !
4. Kemudian suntinglah naskah tersebut !

Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bahasa Indonesia
Duduksampeyan




Drs. LAMIDIN, M.Pd. SUKARTO, S.Pd.
Nip. 131784880 Nip. 131661589


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.06 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar