Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

Contoh RPP Matematika Kelas VII Semester 2

Contoh RPP Matematika Kelas VII Semester 2







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





Sekolah : SMP ….

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2



Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut,

serta meentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis

sudut.

Indikator : 1. Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit,

berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit.

2. Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.

3. Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

4. Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan)



A. Tujuan Pembelajaran

a. Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis

b. Siswa dapat menggunakan satuan sudut

c. Siswa dapat mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat

d. Siswa dapat membedakan jenis-jenis sudut.



B. Materi Ajar

a. Hubungan antara dua garis

b. Mengukur besar sudut

c. Jenis-jenis sudut



C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, demontrasi, dan penemuan



D. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan pertama

Pendahuluan

Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian garis.

Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat

membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan Inti

a. Dengan berdialog, siswa diminta menyebutkan beberapa contoh bangun yang

berbentuk garis yang terdapat di dalam kelas.

b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang kedudukan dua garis dan sifat-sifatnya.

c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang kedudukan dua garis yang

terdapat pada buku sumber (karangan …., halaman ….., latihan ….. nomer …)

Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR)



Pertemuan Kedua

Pendahuluan

Apersepsi : a. Membahas PR.

b. Mengingat kembali tentang pengertian sudut

Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut.

Kegiatan Inti

a. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing

kelompok terdiri dari 3 - 5 orang.

b. Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat:

1. menyebutkan beberapa contoh bangun berbentuk sudut yang terdapat di

dalam kelas.

2. menentukan satuan sudut yang sering digunakan.

c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan

kelompok yang lain menanggapi.

d. Dengan demontrasi, guru menunjukkan cara mengukur besar sudut dengan

menggunakan busur derajat.

e. Siswa diminta menggambar sebuah sudut, kemudian teman sebangkunya

diminta mengukur besar sudut tersebut dengan menggunakan busur derajat.

f. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sudut yang terdapat pada

buku sumber (karangan …., halaman ….., latihan ….. nomer …).

Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR)



Pertemuan Ketiga

Pendahuluan

Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian

Motivasi : Konsep tentang sudut banyak dipaki dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti

a. Dengan teman sebangku, siswa berdiskusi tentang jenis-jenis sudut.

b. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain

menanggapi.

c. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang jenis-jenis sudut.

d. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang jenis-jenis sudut yang terdapat

pada buku sumber (karangan …., halaman ….., latihan ….. nomer …).

Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR)



E. Alat dan Sumber Belajar

Buku teks, penggaris, busur derajat, model-model segitiga



F. Penilaian

Teknik : kuis, tes

Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.

Contoh Instrumen :

1. Manakah yang sejajar, berpotongan dan bersilangan dari masalah kontekstual

berikut : a) Jalan layang

b) Dua jalan yang bertemu di persimpangan

c) Tapak dua ban mobil di jalan tanah yang basah

2. Gunakan busur derajat untuk mengukur besar sudut-sudut berikut ini

i) ii) iii)





3. Sebutkan jenis-jenis sudut pada soal nomor 2.







Mengetahui ..........................,..........200....

Kepala Sekolah... ... Guru Mata Pelajaran ..............

.............................. ............................................

NIP/NRK.............. . NIP/NRK..............















............

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Sekolah : SMP … .

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : VIII (delapan) / 1(satu)



Standar Kompetensi : 2. Memahami siatem persamaan linear dua variabel dan

menggunakannya dalam pemecahan masalah.



Kompetensi Dasar : 2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang

berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel

dan penafsirannya



Indikator : Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan

dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.



Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)



A. Tujuan Pembelajaran



Siswa dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan

dengan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).



B. Materi Ajar

Model Matematika dari masalah sehari-hari.



C. Metode Pembelajaran

Diskusi dan penemuan



D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan

Apersepsi : 1. Membahas PR

2. Menanyakan materi yang sudah dipelajari tetapi belum dipahami.

Motivasi : Materi SPLDV banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kegiatan Inti

a. Siswa dan guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan mengkaitkan materi yang

akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari

b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok antara 4 – 5 orang.

c. Tiap kelompok mendiskusikan cara menyelesaikan SPLDV.

d. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan

kelompok yang lain menanggapi.

e. Siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan SPLDV dari buku sumber

(karangan …., halaman ….., latihan ….. nomer …).

.

Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR)



E. Alat dan Sumber Belajar

Buku Teks, dan lingkungan.



F. Penilaian

Teknik: tes

Bentuk Instrumen : tes tertulis.

Contoh Instrumen:

Seorang penjaja buah-buahan yang menggunakan gerobak, menjual apel dan pisang.

Harga pembelian apel Rp 10 000,00 tiap kg dan pisang Rp 4 000,00 tiap kg.

Modalnya hanya Rp 2.500 000,00 dan muatan gerobaknya 400 kg. Dengan membuat

model matematika, tentukan banyak masing-masing buah yang ada dalam gerobak.

( Penilaian menggunakan rubrik)



Contoh rubrik.

No.

Aspek yang dinilai

Bobot

Penilaian

Skala

Skor Tiap Aspek

Rubrik

1

2

3

4

1.

Pemahaman apa yang diketahui

4









....

1.jika sama sekali tidak memahami

2.jika pemahamannya sebagian kecil

3.jika pemahamannya sebagian besar

4.jika sangat memahami

2.

Pemahaman apa yang ditanyakan

4









....

1.jika sama sekali tidak memahami

2.jika pemahamannya sebagian kecil

3.jika pemahamannya sebagian besar

4.jika sangat memahami

3.

Ketepatan strategi pemecahan masalah

4









....

1.jika sama sekali tidak tepat

2..jika sebagian kecil tepat

3.jika sebagian besar tepat

4.jika seluruhnya tepat

4.

Relevansi konsep yang dipilih dengan permasalahan

3









....

1.jika sama sekali tidak relevan

2..jika sebagian kecil relevan

3.jika sebagian besar relevan

4.jika seluruhnya relevan

5.

Ketepatan model matematika yang digunakan

5









....

1.jika sama sekali tidak tepat

2..jika sebagian kecil tepat

3.jika sebagian besar tepat

4.jika seluruhnya tepat

6.

Kebenaran dalam melakukan operasi hitung

3









....

1.jika sama sekali tidak benar

2..jika sebagian kecil benar

3.jika sebagian besar benar

4.jika seluruhnya benar

7.

Kebenaran jawaban

2









....

1.jika sama sekali tidak benar

2..jika sebagian kecil benar

3.jika sebagian besar benar

4.jika seluruhnya benar



Jumlah

25









....







Mengetahui ..........................,..........200....



Kepala Sekolah...... Guru Mata Pelajaran ..............

.............................. ............................................

NIP/NRK............. .. NIP/NRK..........................




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 19.13 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar