Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER GENAP

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 7.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta.

Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan:
1. meminta dan memberi jasa
2. meminta dan memberi barang
3. meminta dan memberi fakta
Tema : Shopping
Jenis Teks : Transctional/interpersonal
Aspek/skill : Mendengarkan
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a. merespon ungkapan meminta dan memberi jasa
b. merespon ungkapan meminta dan memberi barang
c. merespon ungkapan meminta dan memberi fakta

2. Materi Pembelajaran :
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks.
Misalnya: potato, pull, enormous, dsb.
c. Verb: called
d. To be: is, am, are, was, were.
e. Personal pronoun: I, your, we, they, he, she, it
f. Ungkapan baku: - Give me
- Ask money
- Here you are
- Sure
3. Metode Pembelajaran/Teknik : Three-phase technique

4. Langkah-langkah kegiatan :
a. Kegiatan pendahuluan
• Salam
• Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
• Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait dengan materi
b. Kegiatan Inti
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. mendengarkan ungkapan-ungkaapan/kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang di dengar.
4. Menirukan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru
5. merespon ungkapan-ungkapan
• meminta dan memberi jasa
• meminta dan memberi barang
• meminta dan memberi fakta
c. Kegiatan Penutup
1. menanyakan kesulitan siswa saat PBM berlangsung
2. menyimpulkan materi pembelajaran
3. menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sebenarnya.

5. Sumber Belajar :
a. Buku teks “English in Context” Grade VII
Kasihani KE Suyanto.dkk, Bumi Aksara
b. Script percakapan

6. Penilaian :
a. Teknik : merespon ungkapan
pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : pertanyaan lisan
c. Instrument :
I. The teacher is going to read some dialogs.
1. Dio and Nino had appointment to go to the supermarket
Dio : Nin, I’m so sorry, I’m late.
I had to help my mother first to clean my house
Nino : it’s ok. But don’t do it again
Dio : Ok. Let’s go now.
2. Shop-assistant : Can I help you?
Susan : Do you this dress in smaller size?
Shop-assistant : No, I’m sorry, But, why don’t you try this?
Susan : Oh,yes, this fits perfectly.
Ok. I’ll take it.
Shop-assistant : All right. I will prepare the receipt.

II. Listen to the expressions/dialogs and choose the best answer a, b, c or d
1. Dio and Nino went to
a. Market c. Mall
b. Supermarket d. Plaza
2. Why did Dio come late?
a. Because she had to help her mother
b. Because she slept
c. Because she cooked
d. Because she went to the market
3. Where does the dialog take place?
a. At the market
b. At the supermarket
c. At the shop
d. At the restaurant
4. Which dress does Susan want?
a. a small one
b. a large one
c. a medium one
d. an extra large one
5. Does Susan like the dress?
a. Yes, she does c. Yes, he does
b. No, she doesn’t d. No, he doesn’t
d. Pedoman Penilaian :
1. untuk jawaban benar diberi skor 2
2. jumlah skor maximal 2x5 =10
3. nilai maximal =10
4. nilai siswa:
e. Rubrik:
No. Uraian Skor
1-5 Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab 2
0



Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal.

Indikator : - Merespon ungkapan-ungkapan meminta dan memberi pendapat.
- Merespon ungkapan-ungkapan menyatakan suka dan tidak suka.
- Merespon ungkapan-ungkapan meminta klarifikasi
- Merespon ungkapan-ungkapan secara interpersonal
Jenis teks :
Aspek/skill : mendengarkan
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran :
1. pada akhir pembelajaran siswa dapat meminta dan memberi pendapat
2. merespon ungkapan suka dan tidak suka
3. merespon ungkapan klarifikasi

2. Materi Pembelajaran :
a. ungkapan meminta dan memberi pendapat
X : What do you think?
Y : I think………..
b. ungkapan menyatakan suka dan tidak suka
X : Do you like cooking
Y : No, I like reading
I like watching TV
I dislike gardening
c. ungkapan menyatakan klarifikasi
X : Are you sure?
Y : Yes, I am sure about it

3. Metode Pembelajaran/Teknik : Three-phase. Technique

4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
- Siswa menjawab pertanyaan tentang kesenangan dan ketidak senangan siswa secara orally
b. Kegiatan Inti
- membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
- mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
- menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
- menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
- mendengarkan percakapan tentang suka dan tidak suka
- menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
- merespon ungkapan-ungkapan: meminta dan memberi pendapat, suka dan tidak suka
- melakukan perintah yang diucapkan guru
c. Kegiatan penutup
- menanyakan kesulitan siswa selama PBM
- menyimpulkan materi pembelajaran
- menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya
-
5. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan: Smart Step 139-141
b. Script percakapan atau rekaman percakapan
c. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian
a. Teknik: Merespon ungkapan/pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk Instrumen: Pertanyaan lisan dan tulis

I. Listen to the expressions and give your response orally
1. Do your like dancing?
……………………………………………
2. I like singing. What about you?
……………………………………………
3. Are you sure, you can helpme tomorrow?
……………………………………………
4. My hobby is reading. What is your hobby?
…………………………………………….
II. Listen and choose the correct responses
1. What do you like to do in your spare time?
a. Well. I sometimes go fishing or play chess
b. Don’t know
2. Do you like watching cartoon films?
a. Yes, I love them
b. Drawing and listening to music
3. Are you keen on listening to music
a. Yes, I am
b. I like Rhythm and Blues music
4. What kind of music do you like best?
a. The singer is beautiful
b. I like Jazz
5. Do you read a lot?
a. yes, I do. I read novels and science comics
b. well, I sometimes go camping
III. Listen to your teacher Choose the words in the box to complete the sentences

Vehicles Africa India making pen pals
Drawing twelve people difficult

Tom is ¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬____________ years old.
___________ and ___________ are his hobbies.
He likes drawing ___________ and ___________.
He doesn’t like drawing scenery because it is __________.
He has friends from __________ and ___________.


Listening Script
He/My name is Tom Sawyer. My friends call me Tom. I’m twelve years old. My hobbies are making pen pals and drawing. I like drawing vehicles and people, but I don’t like drawing scenary because it’s difficult. Well, I send many to letters to other countries so I have many friends, I have friends from Africa and India.

1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 2
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 5
3. Jumlah skor maksimal I 5 x 2 = 10
II 8 x 5 = 40
50
4. Nilai maksimal : 10
5. Nilai siswa = Skor perolehan x 10
Skor maksimal







Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 8.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 1. Merespon makna dalm teks fungsional pendek
2. Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar
3. Menentukan ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar.
Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek, Instruksi
Tema : School Equipment
Aspek/ Skill : Mendengar
Alokasi Waktu : 2x40’

1. Tujuan pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Merespon makna dalam teks fungsional pendek
b. Menentukan fungsi komunikatif teks
c. Menentukan ciri kebahasaan

2. Materi Pembelajaran
a. Teks Fungsional Pendek : Instruksi
b. Kosa Kata terkait tema
- blacboard - window - table - desk - eraser
- paint - close - open - write
c. Ungkapan
- Attention please - Look at
- Listen to me - Point at

3. Metode/ Tehnik : Three phase technic

4. Langkah- langkah Kegiatan.
a. Kegiatan Pendahuluan
- Presensi
- Apersepsi
b. Kegiatan Inti
- Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait
- Menirukan kosa kata yang diucapkan guru
- Melakukan perintah yang disampaikan guru
- Dengan bantuan gambar dan kosa kata, membuat kalimat perintah
- Bergantian dengan pasangan, memberi perintah untuk melakukan sesuatu
c. Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
- Menyimpulkan materi
- Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya
5. Sumber Belajar :
- The Bridge English Competence for SMP 1 . Hal. 38-40
- Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian
a. Tehnik : Tes Lisan,Unjuk kerja
b. Bentuk : Instruksi/ lisan
c. Instrument.
I. Your teacher will give you instruction to point at particular things found in your classroom. Listen carefuly and do the instruction.
Teacher : Point at the blackboard
Student 1 : ( the student is pointing at the blackboard }
Teacher : Open The door
Student 2 : ( the student is opening the door )
II. In turn, practice giving instruction to your partner to do something. Then change roles
d. Pedoman Penilaian
1. Untuk no. I : Merespon dan melaksanakan perintah = 25-100
2. Untuk no II : Membuat kalimat perintah = 25-100
3. Nilai Siswa = Skor Perolehan x 10
Skor Maksimal



e. Rubrik Penilaian
NO URAIAN SKOR
I Kemampuan merespon
- merespon dan melakuakan perintah dengan benar
- merespon dan melakukan perintah dengan ragu-ragu
- merespon dan melakukan perintah tetapi salah
85-100
60-84
25-59
II - mampu menyampaikan pesan dengan pengucapan yang tepat
- kurang mampu menyampaikan pesan
- tidak mampu menyampaikan pesan 85-100

60-84
25-59




Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta.

Indikator : siswa dapat mengungkapkan ekspresi berkaitan dengan “bertelepon” (making a call).
Jenis teks : Percakapan Interpersonal “Making a call”
Tema :
Aspek/skill : Berbicara
Alokasi waktu : 2 x 40’

1. Tujuan Pembelajaran:
a. Memahami percakapan interpersonal “Making a call” yang diberikan
b. Memahami penggunaan ‘kosakata/ekspresi’ yang sering digunakan berkaitan dengan ‘Making a call”
c. Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dengan benar.

2. Materi Pembelajaran:
a. Percakapan interpersonal ringan “Making a telephone”
b. Ungkapan yang bisa digunakan
- May I speak to………?
- Would you leave a message?
- Can I take the message?
- I’ll give the message.
c. Membuat dialog berdasarkan situasi yang diberikan

3. Metode/Teknik :

4. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Mendengarkan percakapan dari tape/ guru bisa membacakan teks/dialog.
b. Kegiatan Inti
- Mendengarkan percakapan dari tape/guru bisa membacakan teks/dialog
- Membahas kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam “telephoning”
- Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan
- Berlatih dengan teman menggunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan “telephoning”
- Bermain peran menggunakan ungkapan dalam “telephoning”
c. Kegiatan Penutup
- Meminta siswa menulis dialog/percakapan “telephoning” sesuai dengan situasi yang diberikan.

5. Sumber Belajar
a. Teks percakapan interaksional
b. Sources: Let’s communicate in Englis
Oleh : Kasihani
Sri Rachmajanti
Penerbit: Bayumedia-Malang
Tahun: 2006
Hal:

6. Penilaian
a. Teknik : Teks lisan
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Instrument :

Task 1
Read the conversations below!
Listen and repeat after your teacher. Then recite each conversation with a partner.
Caller : Is Jaka there?
Rima : He’s out right now.
Can I take a message?
Caller : Yes, please. This is Deo Pratamas. I’m returning his call.
Rima : Can you spell your last name, please?
Caller : Certainly. P-R-A-T-A-M-A-S
He can call me after 4:00 at 450379
Rima : That’s 450379
Caller : That’s right
Rima : Okay. I’ll give him the message.
Caller : Thank you.

You may use the following expressions.
They are useful for telephoning.


Task 2
Read this situation carefully, find a partner and act out each situation below. If you’re the one who will be asked to do things, give your responses appropriately.
Situation
Someone calls your brother, Donie, but he isn’t in. The caller give you a message to give to Donie. Take the message for him.
The message will be like this:
There is no class next Friday afternoon.
We are going to watch a movie at Mandala Theatre.
Meet us in front of the theatre at 3.30




Rubric Penilaian “Speaking”
Penilaian “Berbicara” didasarkan pada “Role-Play” yang diperankan oleh siswa.

Pedoman Penilaian:
Score Uraian
85-100




75-84





55-74






25-54 Bisa berbicara dengan lancar, “pronunciation” yang diucapkan benar, mudah dimengerti, isi dan struktur bahasa yang digunakan cocok/sesuai dengan jenis teks yang diminta.

Berbicara dengan lancar, tetapi ada sedikit kesalahan/masalah dengan pilihan kata/grammar. Mudah dimengerti tetapi masih ada permasalahan dengan pengucapan, isi sesuai dengan topik tetapi struktur bahasa masih belum sesuai.

Tidak bisa berbicara dengan lancar, kosakata yang dikuasai kurang, bermasalah dengan pengucapan, intonasi dan stress yang digunakan sehingga pendengar harus berkonsentrasi penuh untuk menghindari kesalahpahaman. Isi dan generic structure tidak sesuai dengan topik.

Tidak bisa berkomunikasi sama sekali, bermasalah dengan penggunaan grammar dan diksi (pilihan kata), isi dan struktur generic-nya tidak cocok sama sekali dengan topik dan jenis teks yang diminta.



Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -
.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : - mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk; intruksi, daftar barang, pengumuman, ucapan selamat.
- memberi instruksi secara lisan
- menyebutkan daftar barang tertentu
- mengumumkan sesuatu
- mengucapkan selamat
Jenis Teks : Prosedur
Tema :
Aspek/skill : Berbicara
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, pengumuman, ucapan selamat
b. memberi instruksi secara lesan
c. menyebutkan daftar barang tertentu
d. mengumumkan sesuatu
e. mengucapkan selamat

2. Materi Pembelajaran
a. Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan Selamat
b. Kosakata yang terkait jenis teks
Misalnya: rice, sugar, carrot
c. Verb: shop, buy, accompany, dsb
d. To be: am, is, are
e. Ungkapan baku:
- Open your book!
- A kg of sugar is Rp. 6000,-
- Next week we will celebrate Kartini’s day
- Good luck!

3. Metode Pembelajaran/Teknik:


4. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- salam dan tegur sapa
- tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
b. Kegiatan Inti
1. Tanya jawab tentang hal yang berkaitan dengan materi
2. Menirukan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan materi
3. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
4. Latihan memberi perintah
5. Latihan berbicara tentang daftar harga
6. Latihan berbicara yang terkait dengan pengumuman
7. Latihan memberi ucapan selamat kepada temannya.
c. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi nyata.

5. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Script percakapan atau rekaman percakapan
c. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian
a. Teknik : pertanyaan secara lesan dan tulis
b. Bentuk : performance
c. Instrumen : picture
I. 1. Give instruction to your friend orally based on the picture
2. Make a list of things
3. Mention the price of each things
4. Announce a certain information to your friend
5. Make congratulation to your friends of his her successful
II. Give your answer orally based on the text below







1. What is the text about?
2. Who is the announcement for?
3. What should the students of seven-one do?
4. Why do they have to be there?
5. Who give the announcement?
d. Pedoman
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 3
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 2
3. Jumlah skor maksimal I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah 25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa =


e. Rubrik Penilaian:
No. Uraian Skor
I



II Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
Setiap jawaban benar
Setiap jawaban salah/tidak menjawab 3
2
1
0
2
0








Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 11.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.


Indikator : - mengidentifikasi main ideas
- mengidentifikasi suporting details
- mengidentifikasi informasi factual
- membaca nyaring
Jenis teks : Teks tulis fungsional “shopping”
Tema : Berbelanja (shopping)
Aspek/skill : Membaca
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. menem;ukan ide pokok dalam teks
b. menemukan informasi rinci dalam teks
c. menemukan informasi tertentu dalam teks

2. Materi Pembelajaran
a. Teks tulis fungsional tentang berbelanja
b. Kosa kata terkait tema:
Misalnya: interest cheap
Price trolley
Butcher eggplants

3. Metode/Teknik : Three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan
a. kegiatan pendahuluan
- menjawab pertanyaan tentang gambar kegiatan di pasar
b. kegiatan Inti
1. membaca teks “floating market”
2. menjawab pertanyaan tentang isi teks
c. kegiatan penutup
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks
2. menyimpulkan materi

5. Sumber Belajar
- Buku teks:
English is context.penerbit Bumi Aksara


6. Penilaian
a. Teknik : Teks tulis
b. Bentuk : Pertanyaan tulis
c. Instrumen :

I. Read the text then answer the question based on the text.
The floating market at Banjarmasin is a popular market in South Kalimantan. It is called the floating Market because the trading takes places among the boats on the river.
The market is open in the morning. It starts early in the morning until around 8 o’clock.
It is interesting to shop at the floating market. You can get to the market by using a small boat called “a Klotok”. It is about 30 minuts from the centre of Banjarmasing. You can buy agricultural products, such as fruit or vegetables with cheap prices because you buy them directly from the farmers.

1. What is the name of the market?
2. Where does the trade happen?
3. When does the market start?
4. How can you get there?
5. What can you buy there?
6. Is the market open is the morning?
7. What is Klotok?
8. Why is it called foating market?
9. Is it cheap or expensive to buy something it the floating market?
10. What do you think about floating market?

d. Pedoman Penilaian
1. tiap nomor diberi skor 10
2. skor maksimal 10 x 10 =100
3. nilai maksimal 100
4. Nilai siswa

e. Rubrik Penilaian
No. Uraian Skor
1.
2.
3.

4.

5.

6. Setiap jawaban benar, tata bahasa benar, pilihan kata tepat
Setiap jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat
Lafal benar.
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat.
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah
Tidak ada jawaban 5
4
3

2

1

0


Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure.

Indikator : - Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks descriptive
- Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks deskriptif
- Mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif
- Menyebutkan ciri kebahasan teks descriptive.
Jenis Teks : Teks deskriptive
Tema : Shopping
Aspek/skill : Membaca
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. menjawab pertanyaan tentang informasi tertentu.
b. Menafsirkan makna kata kunci yang berkaitan dengan isi bacaan
c. Menentukan gambaran umum isi bacaan

2. Materi Pembelajaran
a. teks deskriptive
b. kosa kata terkait dengan tema teks

3. Metode/Teknik : Three-Phase Technique

4. Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Pendahuluan:
- Menjawab berbagai hal tentang pasar
- Menentukan makna kata yang akan dipakai pada teks
b. Kegiatan Inti
1. membaca teks
2. menjawab pertanyaan tentang isi teks
c. Kegiatan Penutup
1. menanyakan siswa tentang kesulitan yang dihadapi dalam memahami teks
2. menyimpulkan materi

5. Sumber Belajar
Buku English in Context Hal 108-109

6. Penilaian
a. Teknik : tes lisan
b. Bentuk : pertanyaan lisan



c. Instrumen :
1. Give your answer orally based on the text below.
The floating market at Banjarmasin is a popular market in South Kalimantan. It is called the floating Market because the trading takes places among the boats on the river.
The market is open in the morning. It starts early in the morning until around 8 o’clock.
It is interesting to shop at the floating market. You can get to the market by using a small boat called “a Klotok”. It is about 30 minuts from the centre of Banjarmasing. You can buy agricultural products, such as fruit or vegetables with cheap prices because you buy them directly from the farmers.
Answer the question below based on the text:
1. What is the name of the market
2. Where does the trade happen?
3. When does the market start?
4. How can you get there?
5. What can you buy there?
6. What is the main idea of par. 1?
7. What is “it” in the second par. Refer to?
8. What is the text talk about?

d. Pedoman Penilaian
1. Tiap no. benar di beri skor 5.
2. Skor maksimal 8 x 5 = 40
3. Nilai maksimal 10
4. Nilai siswa

e. Rubrik Penilaian
No. Uraian Skor
1.
2.
3.

4.

5.

6. Setiap jawaban benar, tata bahasa benar, pilihan kata tepat
Setiap jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat
Lafal benar.
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat.
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah
Tidak ada jawaban 5
4
3

2

1

0


Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 11.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima.

Indikator : 1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan tidak baik dan benar
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar.
3. Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar.
Jenis Teks : Procedure
Tema :
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. menentukan topic bacaan
2. menemukan langkah-langkah cara membuat sesuatu

2. Materi Pembelajaran
a. Teks Procedure:
Two days ago I happened to attend a french cooking class and was thrilled when I successfully baked an orange cake. I was glad that I paid full attention and managed to scribble down the recipe during the demonstration.
“Orange Cake”
Ingredients:
- 2 oranges
- 250 gr of sugar
- 150 gr of butter
- 150 gr of flour
- 3 eggs
- 2 teaspoon of yeart
The heat of the oven at 150o. Grate the oranges to get the zest (orange peel) and set a side. Cut the butter into small pieces and put it in a bowl with 150 gr of sugar. Beat the butter and sugar until the mix looks even.
Add the eggs and continue beating. Add the orange zest and flour slowly to avoid lumps. Add the yeast. Mix evently and pour into a disk. Cook in the oven for 35 minuts.
Squeeze the orange juice. Mix one glass of water with 100 gr of sugar and the orange jiuce. Stir. Boil the mixture for five minutes to make orange syrup. Keep stirring. Set inside. Remove the disk from the ovens and turn out the mould when it is still warm.
Pour the orange syrup very slowly on the cake. Arrange a few slices of orange of top of cake. Ready to serve.

b. Kosa kata terkait:
- recipe -zest - add - stirring
- attend -pieces - pour - boil
- grate -mix -squeeze
c. Ungkapan:
- mix - stir
- add - boil
- squeez out - arrange

3. Metode/Teknik : Three-Phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan:
a. Kegiatan Awal:
- menjawab pertanyaan tentang makanan favorite
- menentukan ungkapan-ungkapan dalam kegiatan memasak
b. Kegiatan Inti
- membaca teks
- menjawab pertanyaan tentang isi teks
- menentukan topic bacaan
- membaca langkah-langkah membuat “orange cake”
c. Kegiatan Penutup
- menanyakan kesulitan siswa
- menyimpulkan materi
- menugasi siswa mencari cara langkah membuat makanan lain.

5. Sumber belajar
a. Text otentik
b. Koran/majalah
c. Perpustakaan

6. Penilaian
a. Teknik : tes lisan
b. Bentuk : pertanyaan lisan
c. Instrumen :
(Text Procedure seperti pada “Materi Pembelajaran”)
Answer these questions orally based on the text!
1. What’s the text about?
2. What kind of cooking class did the writer attend?
3. What is the name of the cooking?
4. How much butter did the writter need to make orange cake?
5. Tell how to make orange cake brietly.

d. Rubrik Penilaian
SK Aspek Skor Bobot Nilai
Membaca Pluency
Accuracy
Performance
Skor : 1-4

Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 12.1. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 1. Menulis teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan selamat
2. Menulis kalimat sederhana
Jenis Teks : Descriptive
Aspek/skill : Menulis
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. menulis teks funsional pendek berbentuk instruksi
b. menulis daftar barang
c. menulis teks pengumuman
d. menulis ucapan selamat

2. Materi Pembelajaran
a. 1. Teks fungsional instruksi
- Go to fifth floor use the stairs. Don’t use the lift
- Be careful
- Cross the street here!
2. Daftar barang
- Food
- Drink
- clothes
3. Pengumuman
4. Ucapan selamat : congratulations
b. Kosa kata terkait tema/jenis teks
Misal: help, shoe shoop, book shop, buy, sell, food, drink, clothes,etc.
c. Ungkapan
- Can I help you?
- How much is that
- Thanks
- I’m looking for……

3. Metode/Teknik : Three-Phase technique



4. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
- menjawab berbagai pertanyaan tentang gambar-gambar di lingkungan terdekat
- menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
b. Kegiatan Inti
1. membahas dan mengembangkan kosa kata dan tata bahasa noun.
2. membuat teks tulis fungsional pendek dengan teman
3. membuat teks tulis fungsional pendek sendiri bebas
c. Kegiatan Penutup
1. menanyakan kesulitan siswa selama PBM
2. menyimpulkan materi pembelajaran
3. menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yagn sesungguhnya

5. Sumber Belajar
a. Buku teks yang relevan
b. Gambar-gambar yang relevan

6. Penilaian
a. Teknik : menulis paragraph pendek tentang traditional market
b. Bentuk : teks sederhana
c. Instrumen :
Now, think of a traditional market in your town.
Then, write a short paragraph about it.

These questions may help you to write the paragraph.
1. Do you like going to the market?
2. What day do you usually go to the market?
3. With whom do you go there?
4. Where is it located?
5. What do you usually buy there?
6. What time do you usually leave the market?

d. Rubrik Penilaian
SK Aspek Skor Bobot Nilai
Writing Pesan
Gramatikal
Diksi (coice of word)
Tulisan
Isi 1-4
1-4
1-4
1-4
1-4



Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP / MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSPY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / II (dua)

Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure.
Indikator : 1. Siswa melengkapi teks deskriptif / prosedur
2. Siswa mampu menyusun teks fungsional pendek
3. Siswa mampu menulis teks berbentuk deskriptif / prosedur
Jenis Teks : Procedure
Tema :
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Melengkapi teks deskriptif / prosedur
2. Mampu menyusun teks fungsional pendek
3. Mampu menulis teks berbentuk deskriptif / prosedur

2. Materi Pembelajaran
a. Teks Procedure:
Orange Cake
Ingredients:
- 2 oranges
- 250 gr of sugar
- 150 gr of butter
- 150 gr of flour
- 3 eggs
- 2 teaspoon of yeart
The heat of the oven at 150o. Grate the oranges to get the zest (orange peel) and set a side. Cut the butter into small pieces and put it in a bowl with 150 gr of sugar. Beat the butter and sugar until the mix looks even.
Add the eggs and continue beating. Add the orange zest and flour slowly to avoid lumps. Add the yeast. Mix evently and pour into a disk. Cook in the oven for 35 minutes.
Squeeze the orange juice. Mix one glass of water with 100 gr of sugar and the orange juice. Stir. Boil the mixture for five minutes to make orange syrup. Keep stirring. Set inside. Remove the disk from the ovens and turn out the mould when it is still warm.
Pour the orange syrup very slowly on the cake. Arrange a few slices of orange of top of cake. Ready to serve.

b. Kosa kata terkait:
- recipe -zest - add - stirring - grate -squeeze
- attend -pieces - pour - boil - mix

c. Ungkapan:
- mix - stir
- add - boil
- squeez out - arrange

3. Metode/Teknik : Three-Phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan:
a. Kegiatan Awal:
- Menayakan kondisi siswa
- Menjawab pertanyaan tentang makanan favorite
- Menentukan ungkapan-ungkapan dalam kegiatan memasak
b. Kegiatan Inti
- Membaca dan mendengarkan teks
- Memperhatikan / mengidentifikasi kata-kata sulit dan memahami arti
- Menulis frasa-frasa atau kalimat yang berhubungan
- Membuat / menulis teks deskriptif / prosedur dengan menggunakan kalimat sendiri
c. Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa
- Menyimpulkan materi
- Menugasi siswa menulis teks deskriptif / prosedur

5. Sumber belajar
a. Buku teks “English in Context”
b. Koran/majalah
c. Perpustakaan

6. Penilaian
a. Teknik : tes tulis
b. Bentuk : pertanyaan tulis
c. Instrumen :
(Text Procedure seperti pada “Materi Pembelajaran”)
Answer these questions orally based on the text!
1. What is the name of the cake?
2. What do we need to make Orange Cake?
3. How much butter did we need to make Orange Cake?
4.
5. Tell how to make orange cake brietly.

d. Rubrik Penilaian
SK Aspek Skor Bobot Nilai
Membaca Pluency
Accuracy
Performance
Skor : 1-4


Mengetahui : Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. IMRON, M.Pd. INDARWATI
NIP. 131 847 230 NIP. -


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 18.11 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar