Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012
Salah Asuhan

Summary:sukarto
Hanafi tinggal bersama ibunya,karena ayahnya sudah meninggal dunia.Cita-cita ibu hanafi begtu besar untuk menyekolahkan anaknya.Di sekolah Hanafi berkenalan dengan seorang gadis keturunan Indonesia Perancis bernama Corrie de bussy.



Selanjutnya Hanafi di sekolahkan ibunya ke Jakarta, dan tinggal di rumah seorang warga Belanda,dengan maksud agar Hanafi menjadi orang terhormat setingkat dengan orang-orang Eropa.Di Jakarta Hanafi bertemu lagi dengan Corrie.pertemuan itulah yang membuat hanafi ingin menjadikan Corrie sebagai istrinya.Bahkan Hanafi mengajukan kewargaan negaranya untuk setingkat dengan orang-orang Eropa.Hubungan keduanya banyak ditentang oleh masyarakat karena tidak sederajat.Karena suatu peristiwa yang dianggap Corrie tidak sopan maka Dia pun meninggalkan Hanafi.



Sepeninggal Corrie Hanafi merasa kesepian,atas desakan ibunya Hanafi dipaksa untuk mengawini Rafiah,karena orang tua Rafialah yang membiayai Hanafi sekolah di Jakarta. Hanafi menerima saran ibunya walaupun dalam keadaan terpaksa.Dari perkawinannya denga Rafiah Hanafi dikaruniai seorang anak bernama Syafii.

Walaupun Hanafi sudah berumah tangga dan mempunyai anak,namun pergaulannya dengan istri dan anaknya renggang juga.Oleh Hanafi,istrinya hanya dianggap sebagai pembantu saja, sedangkan kepada anaknya Ia tidak pernah menyanyanginya.



Pada suatu hari tatkala Hanafi duduk bercakap-cakap dengan ibunya,tiba-tiba seekor anjing gila dan menggigit Hanafi.Dokter menyarankan agar Hanafi harus dikirim ke Jakarta untuk diobati.

Setelah sembuh pengobatannya di Jakarta,Hanafi tidak ingin pulang ke Minangkabau.Suatu sore ketika berjalan-jalan dia bertemu dengan Corrie yang baru pulang dari les piano.Di Jakarta pengakuan hak Hanafi sebagai bangsa Eropa dikabulkan.Sejak saat itulah keinginan Hanafi memiliki Corrie sebagai istrinya semakin kuat.



Corrie pada saat sekolah di Jakarta, ayahnya meninggal dunia.Karena kesedihannya,ia menjadi malas belajar yang pada akhirnya ia tidak naik kelas.Pada suatu petang Hanafi dating ke rumah Corrie, karena sudah diakui hak persamaannya, Hanafi berniat menikahi Corrie.Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Hanafi menikahi Corrie menjadi istrinya.

Sejak menikah mereka diajuhi oleh teman-temannya, mereka menganggap bahwa pernikahan tersebut tidak sederajat.



Atas hasutan nyonya Hansen tetangganya , melihat Corrie istrinya memakai kalung berlian maka Hanafi merasa cemburu.Hanafi menganggap bahwa kalung yang dipakai Corrie merupakan pemberian lelaki lain.Terjadilah pertengkaran. Akhirnya Corrie meninggalkan rumah dan berpisah dari Hanafi.

Nasib Corrie kurang beruntung.Setiap mendapatkan ekerjaan ada saja yang menghasutnya, sehingga ia selalu dikeluarkan dari pekerjaannya.Atas jasa baik seorang bernama Vann Dammen akhirnya Corrie dibawa ke Semarang.



Sepeninggal Corrie Hanafi merasa bersalah.Ternyata corrie memang tidak bersalah.Kini Hanafi merasa menyesal.Pada suatu saat Van Dammen member kabar kepada Hanafi bahwa Corrie yang tinggal di Semarang diserang penyakit kolera. Seketika itu juga Hanafi pergi ke Semarang untuk menemui istrinya. Tetapi malang, setelah bertemu akhirnya Corrie meninggal dunia.



Setelah mengemasi barang-barang yang ada di Jakarta, Hanafi beramksud pulang ke Minangkabau.Atas saran ibunya,Hanafi disuruh kembali kepada Rafiah bekas istrinya yang terdahulu. Tetapi Hanafi menolaknya deagan alasan bahwa cinta pertamanya hanya kepada Corrie dan tidak dapat dilenyapkan.Karena putus asa Hanafi menelan empat butir sublimat yang menyebabkan ia muntah darah, dan pada akhirnya meninggal dunia

Salah Asuhan Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2007241-salah-asuhan/



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.23 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar