Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Media Kartu Kerja (inovatif SD )

Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Media Kartu Kerja (inovatif SD )

Oleh :Heri Purwanto, Guru Kelas SDN Bareng II,Jombang )
Sumber Jawa Pos Kamis 19 Februari 2009

Matematika salah satu ilmu dasar yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).Matematika dan cara berpikir matematika mendasari bangunan pendidikan disiplin ilmu yang lain.

Matematika dapat tumbuh dan berkembang secara “mandiri”.Tetapi,tidak dapat dipungkiri bahwa ia berkembang karena adanya beberapa tuntutan perkembangann ilmu dan pengetahuan lain.

Ada tiga aspek orientasi matematika sekolah,yaitu :1. Orientasi kepada kompetensi yang diharapkan,(2) prientasi tentang bahan ajar/materi, dan (3) orientasi kepada kondisi lingkungan.

Pendekatan pemecahan masalah merupakan focus dalam pembelajaran matematika.Setiap pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai situasi (contextual problem ).Konsep matematika akan dibangun dan dikonstruksi dari bahan-bahan yang konkret menjadi abstrak dalam benak sang anak.

Sebab, ketrampilan penyelesaian penyelesaian masalah dalam soal adalah penting.Kesalahan yang umumnya dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah siswa kurang mendapatkan informasi dari soal cerita.

Penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan media kartu kerja dengan panduan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan soal cerita.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.00 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar