Sumber :Jawa Pos ,Sabtu 14 Februari 2009
Biologi dianggap ilmu hafalan sehingga menjadikan pembelajaran tidak bermakna dan membosankan.Salah satu penyebabnya,minat baca siswa rendah sehingga mempengaruhi hasil belajarnya.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru untuk membangun pengetahuan baru siswa serta membangun minat baca siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran Pustaka Keliling (PK).
Pustaka keliling merupakan hasil kegiatan siswa membuat media dan sumber belajar biologi dalam bentuk informasi yang mengacu pada pertanyaan Abdikasim ( apa, bagaimana, di mana, kapan, siapa, dan mengapa ).
Pertanyaan dan jawaban ( disebut pustaka ) ditulis dalam kertas berwarna dan ditempelkan pada media pustaka berupa kertas folio ganda atau kertas asturo.Hasil puataka digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara ditukarkan ( dikelilingkan ) dengan kelompok lain yang mempunyai topic berbeda.
PK bisa memperluas wawasan,melatih menulis secara ilmiah,dan meingkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan /dunia pendidikan.
Posted by 17.07 and have
0
comments
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar