Sumber : Jawa Pos, Jamis 12 Februari 2009
Membaca adalah salah satu skill yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari bahasa Inggris.Kenyataannya,siswa sering mengalami kesulitan dan kurang tertarik membaca.Penyebabnya antara lain,kurangnya pemahaman kosa kata siswa,teknik pengajaran guru yang kurang bervariasi,banyaknya siswa yang tidak memiliki kamus,dan media pembelajaran yang tidak interaktif
Peneliti membuat inovasi pembelajaran dengan menggunakan media weblog pada pembelajaran membaca.Weblog dipilih penulis dengan asumsi bahwa murid akan lebih tertarik utnuk membaca dan dapat menjawab pertanyaan dengan benar sehingga mereka dapat memahami bacaan dengan lebih baik. Selain itu,weblog dipilih untuk merespon anjuran Menkominfo ,M.Nuh yang meminta para blogger dapat menjadikan blog sebagai sarana edukasi.
Keunggulan media weblog,diantaranya,mudah dibuat, murah, dapat diakses siswa dari rumah,lebih intaraktif karena siswa dapat melihat sumber aslinya,dan tersedianya kamus online.Kontenyang dapat diakomodasi dalam blog, antara lain file gambar,suara, dan video.Dengan demikian, blog tidak membosankan karena tidak hanya tulisan.
Secara garis besar,hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan, dengan media weblog dalam pembelajaran membaca siswa kelas 9, kemampuan membaca siswa meningkat.Hasil ketuntasan belajar siswa sebelum menggunakan weblog adalah 64 persen..Setelah pembelajarn dengan media weblog,didapatkan hasil siklus I adalah 82 persen, sedangkan siklu ke-2 ialah 93 persen.Karena itu,blog merupakan salah satu media pembelajaran yang strategis untuk meningkatkan proses pembelajaran yang aktif dan interaktif pada ketrampilan membaca.
Posted by 17.49 and have
0
comments
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar