Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

Papan Sampah,Sarana Melatih Tanggung Jawab (pembelajaran inovatif di SD )

Papan Sampah,Sarana Melatih Tanggung Jawab (pembelajaran inovatif di SD )

Oleh : Imam Syafii (guru PKn, SD Al-Hikmah Full Day School Surabaya )
Sumber Jawa Pos, Jumat 20 Februari 2009

Karya ini membahas pembelajaran sikap tanggung jawab siswa ,membuang sampah pada tempatnya dengan memanfaatkan media papan sampah siswa, sebagai upaya mengaplikasikan pembelajaran PKn siswa SD kelas I.Media papan sampah dibuat dari gabung berukuran 60x85 cm persegi, dengan dilapisi kertas manila yang bertuliskan nama-nama panggilan semua siswa dalam satu kelas. Setiap tulisan nama panggilan disediakan pulpen yang diikat dalam gantungan media papan sampah siswa. Pada sisi kiri papan sampah siswa, disediakan format sampah kutemukan. Pada sisi kanan, disediakan format sampah kubuang.

Model pembelajarannya ini menitikberatkan pada konsep saling mengingatkan antar teman di kelas untuk bertanggung jawab membuang sampah pada tempatnya. Jika seorang siswa menemukan sampah di wilayah di tempat duduk temannya,siswa pertama mengambil sampah tersebut, kemudian menempelkan sampah pada media papan sampah yang bernama siswa kedua.Siswa pertama memberikan tanda garis pada format “sampah kutemukan” di sisi kiri media papan nama siswa.

Mengetahui ada sampah di tempelkan pada papan namanya,dia membuangnya ke tempat sampah.Lantas dia memberikan tanda garis pada format “sampah kubuang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan sampah siswa efektif dalam melatih tanggung jawab siswa membuang sampah pada tempatnya.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.47 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar