1.Siswa dibagi ke dalam 10 kelompok (beranggotakan 4-5) orang,setiap kelompok diskusi mendapat tiga bendel kartu.Misalnya pada Kompetensi Dasar Sstem sirkulasi Darah,bendel 1 berisi nama-nama organ sirkulasi darah beserta gambarnya.Bendel 2 berisi fungsi penyusun system sirkulasi darah.Bendel 3 berisi soal-soal pengembangan tentang system sirkulasi darah.
2.Siswa diminta menjodohkan kartu mana yang bisa digolongkan dalam satu kelompok,sambil menjawab soal-soal yang diperoleh.Hasil pengelompokan ditempelkan pada papan lalu diperiksa guru.
Keunggulan metode ini
1.Terjalin kerja sama dalam kelompok
2.Masing-masing anggota kelompok tidak ingin dicap sebagai parasit, sehingga siswa selalu berusaha aktif menyelesaikan tugas kelompoknya.
3. Mendorong siswa membaca buku pegangan secara cermat dan teliti
4.Tercipta persaigan sehat antar kelompok
5. Siswa merasa dihargai saat diberi penilaian atas keberhasilan mereka menyelesaikan tugas
Kelemahan
1.Butuh waktu lebih banyak agar siswa bisa mencatat semua hasil tugasnya
2. kelompokMenuntut guru kreatif dalam membuat kartu dan isinya,disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Posted by 15.45 and have
0
comments
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar