Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012

Pembelajaran Inovatif Anak Autis dengan bermain Blowing Balloon untuk Konsep Besar Kecil

Pembelajaran Inovatif Anak Autis dengan bermain Blowing Balloon untuk Konsep Besar Kecil

Pemrmainan yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak selama pembelajaran berlangsung salah satunya adalah menggunakan Blowing Balon.

Caranya :

Sebelum memulai permainan, guru mempersiapkan alat/bahan.

Permainan blowing balon,dapat dibeli di took mainan,took makanan kecil,pasar dan tempat-tempat yang menjual mainan anak-anak.

Permainan tersebut terdiri atas pasta blowing balon dalam tube kecil dan sedotan kecil sebagai alat tiup.

Setelah siap,guru menunjukkan bila perlu memberikan ,alat permainan tersebut kepada anak autis agar anak tertarik.

Guru lalu mencontohkan cara menggunakan permainan tersebut.

Misalnya anak mengenalkan konsep “besar”

Guru mengambil pasta blowing balon lebih banyak agar saat ditiup ,blowing balon yang dibentuk juga besar.

Untuk mengenalkan konsep “kecil”

Guru mengambil pasta blowing balloon lebih sedikit agar saat ditiup blowing yang terbentuk juga kecil.

Begitu blowing balloon besar dan kecil sudah terbentuk,guru mengajak anak autis untuk memantul-mantulkannya ke udara sambil mengucapkan “besar” bila yang dipantulkan adalah balon besar.

Bila yang dipantulkan blowing balloon kecil,maka anak diajak mengucapkan “ kecil “.

Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengenal konsep “ besar kecil” guru memberikan perintah sederhana.

Misalnya :

Tunjuk mana blowing balloon yang besar ?

Tunjuk mana blowing balloon yang kecil ?

Untuk mengetahui sejauh mana anak mengingat blowing balloon yang sudah ditunjuk,guru memberikan perintah yang sederhana “ambil “, maksudnya ambil blowing balloon yang besar maupun blowing balloon yang kecil.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 18.59 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar