Kumpulan RPP dan Silabus Berkarakter, Contoh PTK, Contoh Skripsi, Makalah Pendidikan Terbaru 2012
Contoh 2 :

CASE STUDY
JUDUL : Metode dan Metode dan Metode
Oleh Budi Winasis

Pembelajaran, Biologi merupakan pembelajaran yang disenangi di sekolah kami, tapi pada saat pembelajaran keanekaragaman hayati di kelas X saya merasa kesulitan membuat kegiatan pembelajaran, tetapi begitu melihat lingkungan sekolah yang luas dan taman di depan sekolah yang terawat saya melakukan kegiatan pembelajaran keanekaragaman dengan cara observasi lapangan.

Setelah saya susun RPP dan lembar observasi saya melakukan kegiatan pembelajaran di kelas X 1 kegiatan yang saya lakukan yaitu menuju ekosistem lapangan yang tidak dirawat dan taman yamg terawat untuk mengidentifikasi ekosistem, tersebut pada lembar observasi.

Siswa dibagi dalam kelompok besar tiap kelompok 10 anak dipecah menjadi 2 sehingga masing masing kelompok 5 anak.
Tiap kelompok besar mencatat 2 set lembar observasi tetapi masing masing kelompok kecil melakukan observasi di tempat yang berbeda.
Satu di tempat ekosistem terawat dan satu & ekosistem yang tidak di rawat

Setelah melakukan obeservasi masing masing kelompok bergabung dengan kelompok besar dan mendiskusikan hasil observasi dan membuat kesimpulan tentang keanekaragaman hayati di dua ekosistem yang berbeda tersebut.

Saya berharap dalam observasi ini dapat membuat kesimpulan dengan baik tetapi yang terjadi semua kelompok belum dapat membuat kesimpulan dengan benar akibatnya saya harus menuntun siswa untuk membuat kesimpulan dari data yang diperoleh.

Begitu laporan hasil observasi dikumpulkan saya mengoreksi ternyata hasil/data yang diperolehnya sudah tepat tetapi mengapa saat membuat kesimpulan kelompok, tidak mampu. akhirnya pembelajaran keanekaragaman hayati untuk kelas X yang lain saya tidak lagi menggunakan metode obeservasi lagi tetapi melakukan kegiatan pembelajaran dengan ceramah bervariasi.

Apakah saya salah dalam menggunakan metode pembelajaran keanekaragaman hayati tsb ?


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Fakta Rahasia, Published at 17.32 and have 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar